Wisata

Infrastruktur Jalan ke Wisata Gunung Bromo Akan Ditingkatkan

Rabu, 19 Desember 2018 - 16:53 | 98.54k
Wisatawan menikmati panorama Gunung Bromo (foto: Roni for TIMES Indonesia)
Wisatawan menikmati panorama Gunung Bromo (foto: Roni for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOInfrastruktur jalan dari Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, Jatim, menuju wisata Gunung Bromo akan ditingkatkan dengan bantuan dari pemerintah Australia.

Peningkatan jalan sepanjang kurang lebih 37 kilometer tersebut, akan dilakukan dalam tiga tahun hingga 2021. Estimasi anggarannya Rp 184 miliar.

"Pemerintah Australia membantu 40 persen pembiayaan. Sisanya dari APBD," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Probolinggo, Prijono kepada TIMES Indonesia.

Secara keseluruhan, pemerintah Australia melalui Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur (KIAT), akan membantu Rp 70 miliar.

Pada tahun 2019, akan dialokasikan anggaran Rp 52 miliar. Rinciannya, Rp 37 miliar dari APBD, dan Rp 15 miliar dari pemerintah Australia.

Selanjutnya pada tahun 2020, KIAT mengalokasikan anggaran Rp 29 miliar. Dan pada tahun 2021, dialokasikan sebesar Rp 26 miliar.

Prijono mengatakan, kemitraan ini bertujuan untuk mendidik tata kelola pelaksanaan jalan lebih baik. Karena itu, semua yang terlibat dalam proyek, dilatih oleh KIAT.

"Forum lalu lintas akan dilibatkan. Forum gender akan dilibatkan. Forum disabilitas juga akan dilibatkan," terangnya di sela-sela peresmian mal pelayanan publik Kabupaten Probolinggo, Rabu (19/12/2018).

Mengenai skema pembayaran, pelaksanaan proyek harus menyelesaikan garapan dulu. Kemudian KIAT akan membayar sesuai kualitas pekerjaan.

Prijono menambahkan, infrastruktur jalan dari Kecamatan Tongas menuju wisata Gunung Bromo dipilih karena menjadi akses wisata andalan Jatim. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES