Peristiwa Nasional

Menag Hari Ini Dijadwalkan Buka Muktamar Sastra di Situbondo

Rabu, 19 Desember 2018 - 07:34 | 40.68k
Muktamar Sastra
Muktamar Sastra

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Rabu (19/12/2018) hari ini dijadwalkan akan membuka Muktamar Sastra yang pertama di Indonesia, di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. 

"Kebetulan Menag saat ini sudah di Surabaya usai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja ke beberapa pesantren di Jombang," kata Kepala Biro Humas,  Data,  dan Informasi Kemenag, Mastuki, Selasa (18/12/2018) di Jakarta.

Muktamar ini akan diikuti ratusan sastrawan dan akan berlangsung hingga 20 Desember 2018. Muktamar ini mengangkat tema "Menggali Kenusantaraan Membangun Kebangsaan."

"Tema ini sangat relevan dalam konteks kebangsaan saat ini. Publik perlu mendapat suguhan alternatif di luar persoalan politik. Semoga muktamar ini bisa meningkatkan kesadaran publik akan kekayaan sastra dan budaya Indonesia, khususnya di pesantren," ujar Mastuki.

Ditambahkan, Indonesia kaya akan nilai dan budaya yang terekam dalam beragam karya sastra. Nilai-nilai ini perlu dimunculkan dan diinternalisasikan kepada warga bangsa. Nilai itu antara lain tentang kerukunan, tepa selira, saling mengormati, gotong-royong dan tenggang rasa.

"Dari jadwal yang saya peroleh, muktamar ini didesain dalam sidang pleno dan diskusi panel. Gus Mus dijadwalkan akan menyampaikan pidato kebudayaan," ujarnya.

Sejumlah tokoh dijadwalkan hadir dalam Muktamar Sastra, diantaranya KH R Achmad Azaim Ibrahimy, KH D Zawawi Imron, KH Mutawakkil Alallah dan Emha Ainun Nadjib. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Situbondo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES