Glutera News

Sepuluh Cara Membangun Kekuatan Mental

Selasa, 18 Desember 2018 - 11:08 | 281.06k
FOTO: Glutera
FOTO: Glutera

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Faktor penentu keberhasilan dan kesuksesan adalah kekuatan mental. Untuk menjadi pemain puncak dan mencapai keunggulan di bidang apapun, Anda membutuhkan keinginan, usaha dan disiplin. Anda harus siap bekerja keras dan bertahan dalam berjuang meraih sukses. Orang-orang yang kuat secara mental bersedia untuk mencari kekuatan dan ketabahan dengan membangun diri setiap hari.

Berikut sepuluh cara membangun kekuatan mental.

1. Menetapkan Tujuan

Otak manusia secara alami cenderung untuk meraih dan mencapai tujuan. Bukan hanya satu tujuan besar, tetapi juga menetapkan tujuan jangka pendek. Dengan setiap tujuan yang Anda capai, Anda akan mendapatkan lebih percaya diri dalam kemampuan untuk sukses. Anda juga akan belajar untuk mengenali kapan Anda berkeinginan keras untuk mencapai sesuatu.

2. Mengatur Diri untuk Sukses

Memiliki mental yang kuat tidak berarti Anda harus tunduk pada godaan setiap hari. Aturlah kegiatan Anda secara terperinci agar bisa meraih sukses.

3. Membiarkan Ketidaknyamanan untuk Tujuan yang Lebih Besar

Praktek membiarkan ketidaknyamanan dengan mengingatkan diri Anda dari gambaran yang lebih besar. Dorong diri Anda untuk bekerja pada anggaran anda meskipun menyebabkan anda merasa cemas; berjalan di pekerjaan yang membosankan ketika anda merasa lelah, jangan melarikan diri dari ketidaknyamanan. Semakin Anda membiarkan ketidaknyamanan, semakin percaya diri, Anda akan memiliki kemampuan melakukan hal-hal yang sulit.

4. Membingkai Pikiran Negatif Anda

Anda tidak dapat menghilangkan semua pikiran negatif Anda. Setiap orang memiliki potongan kecil seperti hari yang buruk. Tapi dengan mengganti pikiran-pikiran yang terlalu pesimis dengan harapan yang lebih nyata, Anda dapat tetap berada di jalur dan membekali diri untuk mengelola hari yang buruk.

5. Keseimbangan Emosi dengan Logika

Anda membuat keputusan terbaik ketika emosi dan logika Anda sinkron. Jika membuat keputusan saat Anda emosional, Anda tidak akan menyimpan untuk biaya pensiun karena akan terlalu sibuk menghabiskan uang Anda sekarang. Tetapi jika semua keputusan Anda yang logis, Anda akan menjalani hidup membosankan tanpa kesenangan, rekreasi dan cinta.

6. Berusaha untuk Memenuhi Tujuan Anda

Mencapai tujuan atau kesuksesan yang kita inginkan pasti membutuhkan perjuangan. Anda harus berusaha keras untuk meraih tujuan yang Anda inginkan. Fokus pada tujuan harian Anda, tapi pastikan langkah Anda akan membawa anda ke tujuan yang lebih besar dalam jangka panjang.

7. Mencari Penjelasan, Bukan Alasan

Mencari penjelasan untuk membantu anda lebih baik, tetapi tidak membuat alasan untuk perilaku Anda. Bertanggung jawab penuh atas segala kekurangan. Jangan menyalahkan orang lain atau keadaan untuk salah langkah. Mengakui dan menghadapi kesalahan Anda sehingga dapat belajar dari mereka dan menghindari pengulangan mereka di masa depan.

8. Melakukan Satu Hal Keras Setiap Hari

Memilih sesuatu yang sedikit di luar batas-batas itu dan mengambil satu langkah kecil setiap hari juga perlu dilakukan. Dorong diri Anda untuk menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

9. Gunakan Aturan 10 Menit

Kekuatan mental tidak akan secara ajaib membuat Anda merasa termotivasi sepanjang waktu. Tapi itu dapat membantu Anda menjadi produktif, bahkan ketika anda tidak merasa seperti itu. Ketika Anda tergoda untuk menunda sesuatu, gunakan aturan 10 menit. Ketika Anda berencana untuk berlari, katakan kepada diri sendiri untuk bergerak hanya 10 menit. Persiapan sering menjadi bagian tersulit. Setelah mengambil langkah pertama, Anda akan menyadari, itu tidak seburuk yang Wnda perkirakan, dan keterampilan lain dapat membantu Anda.

10. Buktikan Sendiri Hal yang Salah

Dalam meraih kesuksesan, Anda harus berani mengambil risiko. Jangan hanya percaya pada apa yang dikatakan orang. Anda harus berani membuktikan sendiri, bahkan sesuatu yang salah. Buktikan kepada diri sendiri bahwa Anda mampu. Agar memiliki kekuatan mental, Anda juga harus berhenti meremehkan potensi Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Glutera News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES