Peristiwa Nasional

Dinilai Terendah, FSP LEM SPI Meminta Gubernur Anies Revisi UMP DKI Jakarta

Selasa, 18 Desember 2018 - 17:42 | 44.16k
Aksi Demo FSP LEM PSI (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)
Aksi Demo FSP LEM PSI (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP LEM SPSI) melakukan aksi unjuk rasa di Gedung Balai Kota Jakarta. Mereka menuntut revisi kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta yang telah ditetapkan Gubernur Anies Baswedan sebesar Rp 3.940.973.

Menurut Ketua DPD FSP LEM SPSI, Yulianto aksi ini merupakan bentuk kekecewaan atas janji Anies Baswedan pada masa kampanye Pilgub DKI yang tertuang dalam kontrak politik Sepultura (Sepuluh tuntutan buruh dan rakyat).

Demo-FSP-LEM-PSI-2.jpg

Dari sepuluh poin yang tercantum dalam kontrak, poin utama menjelaskan UMP DKI Jakarta lebih tinggi dari yang ditentukan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang pengupahan, melalui mekanisme Dewan Pengupahan. 

"Katanya kemarin UMP DKI akan melebihi Kabupaten Karawang dan Kota Bekasi. Tapi nyatanya kita paling rendah. Padahal dulu DKI Jakarta paling tinggi, sekarang ketinggalan," ujar Yulianto, Jakarta Pusat, Selasa (18/12/2018).

Selanjutnya, Yulianto sebagai wakil buruh Jakarta juga menuntut untuk menetapkan upah sektoral, struktur dan skala upah sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketanagakerjaan.

"Kita minta Pak Anies, untuk tetap menetapkan UMSP 86 sub sektor walaupun ada Permen 15," tegas Yulianto.

Diketahui, UMP DKI Jakarta lebih rendah sekitar Rp 300.000, dibanding dengan Kabupaten Karawang dengan UMK (Upah Minimum Kabupaten/Kota) sebesar Rp 4.234.010, dan UMK Bekasi sebesar Rp 4.229.756 yang akan berlaku per Januari 2019 nanti. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES