Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Realisasi PBB P2 Kabupaten Pasuruan Meningkat

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:48 | 78.81k
Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf (tiga dari kanan) saat pengundian hadiah di pelataran klinik mata EDC Bangil. (FOTO: AJP/TIMES lndonesia)
Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf (tiga dari kanan) saat pengundian hadiah di pelataran klinik mata EDC Bangil. (FOTO: AJP/TIMES lndonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Sejak dikelola oleh pemerintah daerah pada tahun 2013, realisasi Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBB P2) di Kabupaten Pasuruan meningkat. 

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Pasuruan, Luly Noermadiono mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir terjadi peningkatan signifikan dalam realisasi PBB P2.

Tahun 2015, target pendapatan dari PBB P2 sebesar Rp44 miliar dan realisasinya mencapai Rp48 miliar lebih. Tahun 2016 dari target Rp48 miliar, realisasinya Rp49 miliar lebih. Dan pada 2017, dari target Rp58 miliar terealisasi Rp 63 miliar lebih. 

Pada tahun ini, 2018, target penerimaan sebesar Rp66 miliar, dan realisasinya Rp67 miliar lebih atau naik 102 persen dari tahun 2017.

Luly menyampaikan, pencapaian target dan realisasi tersebut tak lepas dari peran aktif aparat pemerintah desa dan kecamatan yang selalu mengimbau masyarakat untuk melunasi PBB P2. 

Beberapa desa dan kecamatan di Kabupaten Pasuruan tercatat sebagai wilayah dengan pelunasan PBB P2 tercepat. Desa tercepat yaitu Desa Tosari, Kecamatan Tosari yang lunas pada 5 Maret 2018. Sedangkan Tosari dan Lekok menjadi dua kecamatan yang tercepat lunas PBB P2.

"Saya ucapkan selamat untuk desa dan kecamatan yang pelunasan PBB P2-nya tercepat,” ujarnya, Sabtu (15/12/2018) di pelataran klinik mata EDC Bangil, Kabupaten Pasuruan.

Luly menambahkan, masih ada empat kecamatan yang belum melunasi PBB P2 secara keseluruhan, yakni Puspo, Purwosari, Prigen, dan Rembang. Dia berharap para camat dan kepala desa (kades) terus memotivasi warganya agar membayar tepat waktu.

Sementara itu, Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf mengapresiasi Tosari dan Lekok sebagai kecamatan yang tercepat menuntaskan pembayaran PBB P2. Dia meminta camat dan kades melakukan pendekatan intens kepada warga yang belum melunasi PBB P2.

“Terutama partisipasi seluruh komponen masyarakat selaku warga negara yang baik dalam mentaati kewajiban membayar pajak,”ujar Irsyad.

Adik kandung Gus Ipul ini juga meminta kepada BKD Kabupaten Pasuruan, khususnya bidang yang menangani pengelolaan PBB P2 untuk terus berupaya meningkatkan sistem dan kualitas layanan kepada wajib pajak. Harapannya, pengelolaan pajak daerah menjadi lebih baik, efektif dan efisien. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES