Peristiwa Nasional Bulan Gus Dur 2018

Bulan Gus Dur, Kapitra Sebut Jokowi Paket Lengkap Gus Dur

Selasa, 18 Desember 2018 - 11:47 | 21.26k
KH Abdurrahman Wahid atau  Gus Dur (Foto: Kompas/Totok Wijayanto)
KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur (Foto: Kompas/Totok Wijayanto)
FOKUS

Bulan Gus Dur 2018

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tahun ini merupakan peringatan sembilan tahun wafatnya KH Abdurrahman Wahid atau yang disebut dengan Haul Gus Dur ke-9. Dalam Bulan Gus Dur ini, Kapitra Ampera menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan paket lengkap yang menerapkan semua nilai-nilai politik peninggalan Gus Dur.

"Jokowi itu malah lengkap bagi dia," kata Kapitra saat dihubungi TIMES Indonesia, Senin (17/12/2018) malam.

Selain Gus Dur lanjutnya, Jokowi juga mengkombinasikan dengan sikap politik dan pemikiran-pemikiran Soekarno. Pun adakalanya mengambil sikap tegas seperti Soeharto.

"Contohnya, dia (Jokowi) humanis seperti Gus Dur. Dia mewariskan otomoni demokrasi kepada pembantu-pembantunya untuk dilaksanakan, dia memberikan kebebasan terhadap masyarakat," kata politisi PDI Perjuangan ini.

Sikap Jokowi itu, jelas Kapitra, tak terlepas dari masa lalu capres nomor urut 01 itu yang berangkat dari lapisan kelas bawah. "Dan dia (Jokowi) sangat-sangat merasakan kelaparan rakyat, kemiskinan rakyat," ucapnya.

"Malahan Jokowi lebih lengkap mengimplementasikan pikiran Gus Dur, cuma dia berangkat dari orang susah," ulas Kapitra.

Tak hanya nilai-nilai Gus Dur, Jokowi juga menerapkan pemikiran-pemikiran kemandirian Soekarno. Jokowi tambah Kapitra, juga tak melupakan nilai ketegasan sebagai pemimpin.

"Contohnya dia dulu pernah menginstruksikan dengan tegas yang bertentangan dengan partai, tapi demi kepentingan masyarakat dia milih itu," imbuh Kapitra.

Kendati demikian, terlepas dari semua itu, Kapitra menilai Jokowi juga punya karakter sendiri. Jokowi sebutnya, punya aliran politik yang tak kalah kuat dibanding pemimpin-pemimpin Indonesia sebelumnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES