Peristiwa Nasional Bulan Gus Dur 2018

AS Hikam: Haul Ke-9 Gus Dur, Sebagai Ingatan Dari Sosok Humanism

Selasa, 18 Desember 2018 - 09:27 | 80.02k
Pengamat Politik, Muhammad AS Hikam (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)
Pengamat Politik, Muhammad AS Hikam (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bulan Gus Dur 2018

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pengamat politik, Muhammad AS Hikam, turut memberi kesan dan pesan dalam memperingati Haul ke-9 wafatnya mantan Presiden ke empat RI, KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur).  

"Haul Gus Dur tahun ini dapat dimaknai dengan mengingat jasa beliau sebagai seorang cendekiawan, negarawan, agamawan, dan pembela nilai-nilai universal kemanusiaan (humanism)," ungkap AS Hikam kepada wartawan TIMES Indonesia secara tertulis, Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Menurutnya, di tengah masa kampanye, baik itu Pilihan Legislatif (Pileg) maupun Pilihan Presiden (Pilpres) dapat mengambil sikap politik dari sisi positif selama masa jabatan kepemerintahan Presiden Gus Dur.

"Gus Dur juga bisa menjadi wahana introspeksi tentang proses dan hasil dari demokratisasi yang telah bergulir selama dua dasawarsa, sebagai hasil dari gerakan reformasi. Almarhum Gus Dur adalah salah satu tokoh terdepan dalam reformasi dan demokratisasi," jelas AS Hikam. 

Selain itu, Mantan Menteri Negara Riset dan Teknologi Indonesia era kabinet kerja kepemimpinan Gus dur ini. Menilai kharismatik kepmimpinan dari sosok Alm. Gus Dur, kerap menjadi isnpirasi sehingga akan selalu terkenang bagi segenap perjalanan dari perjuangan demokratis bangsa Indonesia.

"Perjuangan beliau akan selalu diingat oleh anak bangsa semenjak beliau berkiprah sebagai aktivis LSM, pengurus ormas Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama, dan cendekiawan yang memiliki pandangan-pandangan besar dan diakui dunia, sampai menjadi Presiden RI ke 4, dan pejuang demokrasi pasca-pelengseran beliau sampai akhir hayat," tandas AS Hikam.

Dalam memperingati 9 tahun wafatnya Presiden ke-4 RI, KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), pada tanggal 30 Desember 2019 nanti. Banyak pihak mengingat kesan dan pesan dari masa kepemimpinan Gus Dur dalam era perjuangannya di masa reformasi dan demokrasi sebagai sosok inspiratif. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES