Indonesia Positif Ketahanan Informasi Nasional

Ini Beragam Program Unggulan Pemkab Pasuruan

Kamis, 17 Januari 2019 - 21:00 | 361.98k
Kegiatan Pengukuhan Pengurus Pusaka, salah satu program unggulan Pemkab Pasuruan (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Kegiatan Pengukuhan Pengurus Pusaka, salah satu program unggulan Pemkab Pasuruan (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Nasional

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf menjabarkan berbagai program unggulan dari Pemkab Pasuruan pada masa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati KH Abdul Mujib Imron. Program unggulan itu disampaikannya pada Musrenbang RPJMD tahun 2018-2023 di Hotel Horison, Kota Pasuruan, Jumat (14/12/2018).

Irsyad mengatakan, agar pembangunan lima tahun ke depan lebih inovatif, partisipatif, dan stimulatif, ditetapkan berbagai program unggulan dengan kemasan bahasa yang menarik.

"Dengan demikian program unggulan tersebut tidak hanya menjadi “jargon” saja, namun dapat dikenal dan dimengerti secara luas oleh masyarakat kabupaten pasuruan,” kata Irsyad.

Beragam inovasi program unggulan, antara lain Wak Moqidin (wayahe kumpul mbangun TPQ dan Madin), Pelasan (pelatihan santri), Perwira Keluarga (perempuan wirausaha berbasis keluarga), Satrya Emas (pusat strategi dan layanan ekonomi maslahat).

Kemudian ada Sakera Jempol (program sadari kekerasan perempuan dan anak dengan jemput bola), Pembentukan Koperasi, Gerakan Yuk Nonggo (gerakan untuk belanja di tetangga dlm rangka untuk memaksimalkan dan meningkatkan sektor ekonomi desa dan ekonomi masyarakat), Odha-Link (penangan penderita HIV/AIDS), Surya Mas Jelita (penurunan penderita kusta), Agawe (wayahe ngawe WC).

Ada pula Pusaka (pemuda dan santri anti narkoba), Kemisan (koordinasi intensif pengentasan kemiskinan yang akan dilakukan setiap hari kamis), Adus Kali ( penelusuran sungai mulai hulu sampai hilir dalam rangka penenganan bencana banjir dan pencemaran lingkungan), Pasuruan Gumuyu (kabupaten pasuruan yang guyub rukun & bersatu padu).

Program unggulan dari Pemkab Pasuruan lainnya, yakni Rumahku Surgaku (pembangunan berbasis keluarga), Pemuda Pelopor Pembangunan Desa (P3D), pasuruan podo roso (pemerataan ekonomi dan pelayanan publik), serta Kenduren Mas (kendaraan urun rembug masyarakat). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES