Gaya Hidup

Ini Alasan Orang Suka Pakaian Warna Hitam

Selasa, 18 Desember 2018 - 07:57 | 685.19k
Ilustrasi - Alasan orang suka pakai warna hitam (Foto: clochet.com)
Ilustrasi - Alasan orang suka pakai warna hitam (Foto: clochet.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak orang yang memfavoritkan pakaian dengan warna hitam. Kenapa? Banyak yang beranggapan warna hitam adalah warna yang elegan, sehingga cocok digunakan kemana saja dan kapan saja.

Warna hitam menjadi favorit juga karena jika kotor tak terlihat.

Namun apa benar itu saja alasannya?

Perusahaan garmen Buyshirtonline di Inggris melakukan survei pada 1000 orang. Pertanyaannya kenapa suka pakaian berwarna hitam? Dan berikut jawabannya

1. Meningkatkan rasa percaya diri
Secara keseluruhan, survei tersebut menyebutkan sebanyak 56% respondennya menyukai warna hitam sebagai warna kepercayaan diri. Dibagi berdasarkan gender, 48% wanita menyukai pakaian hitam sedangankan pada pria, sebanyak 64% menganggap warna ini bisa menaikkan percaya diri untuk berbagai kesempatan, misalnya saat kencan atau bahkan wawancara kerja.

2. Lebih menarik di mata lawan jenis
Kalau di mata pria warna merah menempati urutan pertama (56%) sebagai warna baju wanita yang paling menarik saat kencan, warna hitam menempati posisi teratas dari perspektif wanita (66%). Hitam 'cuma' menempati urutan kedua (38%) saja di mata pria sebagai warna baju paling seksi untuk dipakai wanita saat kencan, tetapi tetap saja warna ini bisa jadi pertimbangan, dong.

3. Memberi kesan lebih cerdas
Warna merah memang terkesan seksi dan atraktif, tetapi di saat yang sama mayoritas responden juga menyebut warna tersebut lekat dengan arogansi. Sementara itu, hitam mendominasi persepsi bahwa pemakai warna ini mengesankan inteligensia lebih tinggi (45%) disusul warna biru (35%) dan hijau (17%). Setuju nggak?

4. Warna andalan
Setiap orang punya power color alias warna andalannya masing-masing. Kalau memakai baju serba hitam rasanya bagai memakai kostum superhero versi Anda sendiri, itu hal yang wajar. Alasan ini jugalah yang dikemukakan salah satu penulis di New York Times, Katharine Jose. 

Katanya, memakai baju warna hitam membuatnya mampu memegang kendali. "Warna itu membantu saya mengendalikan beberapa hal di dunia yang, kau tahu, semuanya serba tak terduga ini," ungkapnya seperti dikutip dari Mic.

5. Penampilan yang berkelas
Ingat tidak, kutipan legendaris dari Coco Chanel yang mengatakan bahwa kesederhanaan adalah kunci dari penampilan yang elegan? Well, nggak heran, kan, kalau warna hitam kerap menjadi warna yang paling sering dipakai untuk gaun malam atau busana formal. Memakai baju serba hitam juga memudahkan Anda tampil berkelas tanpa pusing memadu-padankan warna busana yang akan Anda pakai. Sederhana, misterius, tetapi juga solid dan berkelas, warna hitam memang warna sepanjang masa.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES