Kesehatan

Kiat Mudah Mencegah Tipes di Musim Hujan

Selasa, 18 Desember 2018 - 04:13 | 57.64k
Ilustrasi - Tipes atau demam tifoid (Foto: hellosehat)
Ilustrasi - Tipes atau demam tifoid (Foto: hellosehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat musim hujan, banyak penyakit harus diwaspadai. Salah satunya adalah tipes atau demam tifoid. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella thyphi atau Salmonella paratyphi. Bakteri ini biasanya menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Untuk mencegah tipes, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan

1. Imunisasi

Vaksin termasuk salah satu cara untuk mencegah tipes di musim hujan. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, vaksin tifoid sebaiknya diberikan untuk anak di atas usia dua tahun. Vaksin ini juga membutuhkan pengulangan setiap tiga tahun sekali. Untuk orang dewasa, Anda juga bisa mengonsultasikannya ke dokter.

2. Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan diri dan tempat tinggal adalah hal wajib yang perlu Anda lakukan baik saat musim hujan maupun kemarau. Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum makan. Infeksi bakteri Salmonella typhi bisa datang dari mana saja, termasuk tangan.

Selain itu, cucilah kaki sebelum Anda masuk ke dalam rumah sehabis bepergian. Jangan sampai Anda membiarkan kaki yang kotor dan penuh kuman untuk masuk ke dalam rumah.

3. Jangan Jajan Sembarangan

Tipes menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Oleh karena itu, jangan pernah jajan sembarangan. Makanan yang terbuka bisa dihinggapi lalat. Lalat bisa saja membawa bakteri penyebab tipes dari kotoran dan urine orang yang telah terinfeksi. Jika lalat ini hinggap di makanan yang Anda beli, maka bukan tidak mungkin setelahnya Anda akan mengalami tipes.

4. Jaga Daya Tahan Tubuh

Penyakit akan sangat mudah menginfeksi orang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah. Apalagi di musim hujan, sistem kekebalan tubuh mudah sekali menurun. Untuk mencegah tipes, jagalah daya tahan tubuh Anda tetap kuat dengan cukup tidur, banyak makan buah serta sayur terutama yang mengandung vitamin C, dan cukup kena sinar matahari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES