Minggu, 17 November 2019
Peristiwa - Daerah

Shalawat Nahdliyah Karya KH Hasan Abdul Wafi Viral di Medsos

Subscribe TIMES Indonesia KLIK >>>
Senin, 17 Desember 2018 - 19:55

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOKH Hasan Abdul Wafi telah wafat tahun 2000 silam. Namun, tokoh NU ini seolah terus hidup, lebih-lebih-lebih setelah Shalawat Nahdliyah karyanya, yang dilantunkan Veve Zulfikar, viral di medsos.

Ada dua versi shalawat nahdliyah yang dibawakan Veve. Yang pertama, tanpa iringan musik. Ini keluar pada November 2018. Yang kedua, versi yang ada iringan musiknya. Versi ini, keluar Desember 2018. 

Di facebook, shalawat versi pertama yang diunggah NU Online pada 6 Desember 2018, telah dibagikan 1.401 kali per 16 Desember 2018. Belum lagi, ada banyak akun lain yang ikut mengunggahnya.

BACA JUGAViral di Medsos, Ini Lirik dan Arti Shalawat Nahdliyah Karya KH Hasan Abdul Wafi

Untuk versi kedua, telah dibagikan 70 kali di grup Pecinta Shalawat Nabi. Padahal, baru diunggah Minggu (16/12/2018) malam. Belum lagi, ada banyak akun lain yang ikut mengunggahnya.

KH Hasan Abdul Wafi merupakan sosok ulama yang sangat mencintai NU. Shalawat Nahdliyyah merupakan shalawat yang terlahir dari rasa cintanya kepada NU. 

Di dalam shalawat itu disisipkan doa-doa agar siapapun yang membacanya, dalam berjuang menghidupkan dan meninggikan Islam, serta menampakan syiar-syiar Islam dalam bingkai Jam’iyyah NU. 

Doa untuk kemenangan NU dan Islam, juga disematkan dalam shalawat tersebut.

KH Hasan Abdul Wafi merupakan ulama yang cinta NU. Konon, kakak kandungnya, KH Achmad Sufyan Miftahul Arifin mengajurkannya agar menjadi mursyid, karena alasan sikap kerasnya. 

Tapi, Kiai Hasan menolak anjuran tersebut. Menurut Kiai Hasan, selama memimpin NU, beliau tidak bisa menjadi mursyid. Kiai Hasan tercatat menjadi Rais Syuriah PCNU Kraksaan selama dua periode.

"Biarkanlah saya NU saja, wirid-wiridnya, wirid NU saja,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari buku Riwayat Singkat Al-Marhumin Pondok Pesantren Nurul Jadid.

Kecintaan KH Hasan Abdul Wafi kepada NU ini, kemudian ditularkan kepada santri-santrinya yang sudah memperoleh gelar sarjana. Kepada para santrinya, KH Hasan Abdul Wafi selalu menganjurkan agar aktif berjuang di NU. Kini, Shalawat Nahdliyah sudah viral di medsos. Apalagi dilantunkan oleh Veve Zulfikar dengan suara merdu. (*)

Jurnalis : Muhammad Iqbal
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Probolinggo

Komentar

Registration