Peristiwa Nasional Ekspedisi Gubernur

Ekspedisi Gubernur: Begini Pengelolaan Pariwisata Bali ala Gubernur Wayan Koster

Senin, 17 Desember 2018 - 19:38 | 123.72k
Gubernur Bali I Wayan Koster (Foto: Rizki Dwi Putra/TIMES Indonesia)
Gubernur Bali I Wayan Koster (Foto: Rizki Dwi Putra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, DENPASAR – Tim Ekspedisi Gubernur sampai di Pulau Bali. Mereka pun diterima Gubernur Wayan Koster (I Wayan Koster) di kantor gubernur. 

Gubernur Wayan Koster memiliki pandangan dan cara tersendiri dalam mengelola pariwisata di Bali yang merupakan sektor utama bagi pendapatan daerah. Koster berpandangan  bahwa wisatawan yang datang ke Bali tidak perlu banyak, yang terpenting berkualitas.

"Pariwisata di Bali berbasis budaya yang berkualitas orientasinya, tidak semata-mata banyaknya wisatawan, tapi betul-betul bisa memberi manfaat langsung pada masyarakat, kalau cuma tidur disini dan lewat tidak ada artinya, buat saya bukan jumlah yang banyak tapi seberapa besar manfaatnya untuk masyarakat," ungkap Koster saat ditemui Tim Ekspedisi Gubernur dari Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) pada Senin (17/12) di kantornya.

Selain pariwisata, Koster juga memiliki empat prioritas pembangunan lain yang saling berkaitan satu sama lain yang berujung pada kesejahteraan masyarakat.

Prioritas pembangunan tersebut mencakup pangan, sandang papan, lalu kesehatan dan pendidikan, kemudian jaminan sosial dan tenaga kerja, serta adat, agama, tradisi, seni budaya kearifan lokal.

Beberapa prioritas pembangunan tersebut menurut Koster perlu daya dukung yakni infrastruktur yang memadai serta kerjasama antar daerah.

"Lima prioritas pembangunan tadi harus didukung infrastruktur yang memadai sehingga bisa terjadi pertumbuhan ekonomi," ujar Koster.

Kemudian Koster menekankan pentingnya sinergi dengan semua pihak terutama antar Provinsi dalam payung APPSI.

"Kami sudah merintis kerjasama antar pemerintah daerah menyangkut perdagangan komoditas tertentu yang dimiliki masing-masing daerah untuk membangun perekonomian," pungkas Gubernur Wayan Koster pada Tim Ekspedisi Gubernur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES