Peristiwa Daerah

PJU Ponorogo Belum Maksimal, Warga Inisiasi Pola Swadaya

Senin, 17 Desember 2018 - 18:51 | 52.65k
Ilustrasi - Perbaikan Penerangan jalan umum (Foto: Destyan Sujarwoko/antara foto)
Ilustrasi - Perbaikan Penerangan jalan umum (Foto: Destyan Sujarwoko/antara foto)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Belum meratanya Penerangan Jalan Umum atau PJU Ponorogo membuat warga harus ektra hati-hati bila berkendara di malam hari. Melihat kondisi tersebut, warga di RT 01 RW 01 Desa Ringinputih, Kecamatan Sampung Ponorogo berinisiatif secara swadaya membuat PJU. 

Dengan begitu jalan di lingkungannya tersebut akan lebih terang. "Dulu pernah pasang lewat kabelnya PLN, karena ilegal jadi dipreteli oleh mereka," kata Toyib, ketua RT 01/01 Desa Ringinputih, Senin (17/12/2018)

Toyib mengungkapkan warganya tidak sabar kalau harus menunggu PJU pengadaan dari pemkab setempat. Dia beralasan yang ada di perkotaan saja belum maksimal PJU-nya. "Daripada menghujat pemerintah, kami mencari solusi sendiri dengan memasang PJU secara swadaya," ungkapnya.

Toyib menambahkan sekarang di lingkungannya berdiri 20 PJU yang di setiap tiangnya berjarak 25 meter. Dia menyebut sumber listriknya diikutkan dengan instalasi listrik musala yang ada di lingkungannya. Di mana setiap bulannya token listriknya diisi,  dengan menggunakan uang kas RT. Kadang ada warga yang sukarela mengisi dari uangnya sendiri. "Alhamdulillah warga di sini gotong-royongnya sangat tinggi," katanya.

Di Ringinputih, PJU Ponorogo ini sudah lebih tiga bulan ini dipasang. Masyarakat sekarang tidak perlu was-was di malam hari karena jalannya sudah terang. Dan langkah yang diambil warga Desa Ringinputih ini menjadi inspirasi desa-desa yang lain untuk melakukan hal serupa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Ponorogo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES