Indonesia Positif

Kerja Sama Pemprov Jatim - POM Belanda Kembangkan Wisata Kabupaten Pasuruan

Kamis, 17 Januari 2019 - 14:01 | 69.91k
Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf (kiri) bertemu dengan perwakilan dari Pemprov Jatim dan tenaga ahli POM Belanda. (FOTO: AJP/TIMES lndonesia)
Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf (kiri) bertemu dengan perwakilan dari Pemprov Jatim dan tenaga ahli POM Belanda. (FOTO: AJP/TIMES lndonesia)

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) bekerja sama dengan POM Belanda, dalam mengembangkan destinasi wisata dan peluang investasi pariwisata di Kabupaten Pasuruan, khususnya Kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS).

Kasi Sarana Prasarana Promosi dan Kerja Sama Luar Negeri DPMPTSP Provinsi Jawa Timur, Fitrotun Isa menjelaskan, sebagai lembaga pariwisata internasional yang berpusat di Belanda, POM tertarik menjadikan Kabupaten Pasuruan sebagai jujukan wisata, utamanya wisata Gunung Bromo di Kecamatan Tosari dan wilayah sekitar dengan potensinya. 

Kasi Sarana Prasarana Promosi dan Kerja Sama Luar Negeri DPMPTSP Provinsi Jawa Timur, Fitrotun Isa menjelaskan, dipilihnya Kabupaten Pasuruan sebagai jujukan wisatawan karena keunggulan yang dimilikinya melebihi daerah lain di Jawa Timur.

Dia menuturkan, Gunung Bromo diapit empat daerah, yakni Kabupaten Pasuruan, Probolinggo, Lumajang dan Malang. Kalau ingin melihat indahnya Gunung Bromo, kata dia, paling bagus dari Penanjakan Tosari yang terletak di Kabupaten Pasuruan. 

"Maka dari itu, kami pilih Kabupaten Pasuruan sebagai bagian dari program kepariwisataan nasional,” ujar Isa.

Untuk mewujudkan hal itu, DPMPTSP Jatim bersama Pemkab Pasuruan dan POM Belanda melaksanakan beberapa tahapan, mulai rapat koordinasi, sosialisasi, hingga kunjungan ke tempat-tempat pariwisata di Kabupaten Pasuruan. 

Saat ini, kata Isa, pihaknya melakukan pemetaan terhadap seluruh potensi tempat-tempat di Kabupaten Pasuruan. “Saya berada di Kecamatan Tutur yang penuh dengan buah apel, krisan dan strawberry. Luar biasa, dan ini tentunya keberhasilan dari Pemkab Pasuruan yang terus mengembangkan sektor pariwisata setiap waktunya,” ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES