Peristiwa Daerah

Jogjabike Siap Manjakan Wisatawan di Sepanjang Malioboro

Minggu, 16 Desember 2018 - 15:14 | 40.87k
Walikota Yogyakarta saat peresmian tambahan shelterPit di depan Taman Pintar, Minggu (15/12/2018). (FOTO: A Riyadi/TIMES Indonesia)
Walikota Yogyakarta saat peresmian tambahan shelterPit di depan Taman Pintar, Minggu (15/12/2018). (FOTO: A Riyadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOGJAKARTA – Wisatawan yang akan berkunjung ke kawasan Malioboro kini dapat menikmati sepeda onthel khas Yogyakarta. Ya, wisatawan yang tengah liburan akhir tahun di kota gudeg ini akan dimanjakan oleh Jogjabike, aplikasi bike sharing yang sudah mengaspal sejak Oktober silam. 

Puluhan sepeda tersebut sudah terpampang di ShelterPit yang berada di tempat-tempat strategis yang menjadi idola wisatawan. Salah satunya berada di depan Taman Pintar.

Jogjabike-2.jpgWalikota Yogyakarta saat peresmian tambahan shelterPit di depan Taman Pintar, Minggu (15/12/2018). (FOTO: A Riyadi/TIMES Indonesia)

Melihat animo masyarakat terhadap Jogjabike sangat tinggi, bertepatan dengan hari jadinya yang ke-10 ini, Taman Pintar menambah satu ShelterPit.

Dari Taman Pintar inilah, wisatawan tinggal bersepeda menuju tempat wisata lain seperti Kraton, Malioboro, dan pusat oleh-oleh bakpia di Pathuk padat kendaraan.

Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti mengatakan, wisatawan yang ingin menikmati berwisata di Malioboro  nyaman dan praktis bisa memanfaatkan Jogjabike ini.

"Wisatawan yang mau berbelanja atau ke Kraton tidak perlu menggunakan kendaraan berbadan besar. Cukup bersepeda bisa lewat jalan-jalan sempit," kata HS, sapaan akrabnya, disela peresmian tambahan ShelterPit di depan Taman Pintar, Minggu (15/12/2018). 

HS menambahkan, ke depan pihaknya menargetkan Jogjabike bisa menjadi pilihan utama wisatawan. Dengan begitu, lalu lintas di sekitar Malioboro bisa lebih lengang. Kendaraan besar pun tinggal diparkiran. Tidak mobile seperti saat ini. 

Sebagai smart bike yang memiliki keunggulan, ia yakin Jogjabike bisa menjadi solusi ke depan. Ini juga sesuai dengan pembangunan Kota Jogja sebagai smart city. Yaitu dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.

"Sistemnya yang praktis tinggal download aplikasi di playstore mempermudah akses ke sepeda ini. Ini yang menjadi poin penting ke depan untuk mewujudkan smart city yang istimewa," papar politisi Partai Golkar ini.

Komisaris Jogjabike Trianto mengapresiasi kepercayaan Pemkot Jogja. Ia pun siap untuk menambah sepeda di Malioboro agar bisa memenuhi keinginan wisatawan. 

"Dengan dukungan dari Pertamina Foundation, Bank Mandiri, PT Wijaya Karya,  dan BPD DIY, alhamdulillah untuk liburan akhir tahun akan ada 200 sepeda yang beroperasi," kata Trianto.

Tak hanya itu, di sekitar Malioboro tahun 2019 nanti akan lebih masif membumikan Jogjabike. "Jogjabike harus siap untuk menjawab tantangan tersebut dengan menjadi alternatif sarana wisatawan yang praktis dan nyaman," terang Trianto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES