Peristiwa Daerah

Sidoarjo Positif-Lapindo Brantas Gelar Pelatihan Marketing untuk UMKM

Minggu, 16 Desember 2018 - 10:59 | 78.02k
Ibu-ibu pelaku usaha kecil UMKM di tiga desa saat mengikuti pelatihan marketing produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Pemerintah Provinsi Jawa Timur.
Ibu-ibu pelaku usaha kecil UMKM di tiga desa saat mengikuti pelatihan marketing produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Komunitas pemuda yang tergabung dalam Sidoarjo Positif menggandeng Lapindo Brantas Inc. memberikan pelatihan marketing produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kepada ibu-ibu pelaku usaha kecil.  Peserta pelatihan adalah ibu-ibu di Desa akni Kedungbanteng, Kalidawir, dan Desa Penatarsewu, Kabupaten Sidoarjo.

Pelatihan tersebut juga bekerjasama dengan Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Pelatihan-Marketing-UMKM-2.jpg

Kepada TIMES Indonesia, Vanda Ika Paramitha selaku Koordinator Sidoarjo Positif, Vanda Ika Paramitha, mengatakan, terdapat dua acara yakni seminar pemasaran produk dan yang kedua mempelajari bentuk-bentuk produk UKM yang dipasarkan di Galeri UKM Dinkop Jatim. jika pengembangan usaha UMKM yang terpenting  juga dalam hal memasarkan produk hasil usaha mereka. 

"Setelah sejak beberapa bulan lalu warga  di tiga Desa ini kami beri pelatihan pembuatan kue kering, kali  ini sebagai bentuk tindak lanjut, ibu-ibu pelaku usaha ini kami berikan pelatihan marketing dan pemasarannya. Tujuanya agar usaha UMKM milik ibu-ibu ini lebih maju dan lebih strategis dalam pengembangan dan penjualan atau pemasaran hasil UMKMnya," kata Vanda, Minggu (16/12/2018).

Vanda berterima kasih kepada Lapindo Brantas Inc. yang telah mendukung penuh kegiatan ini. Tak hanya itu dukungan yang diberikan dan fasilitas atau ilmu yang diberikan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Jatim, untuk mendukung penuh pemberdayaan masyarakat di desa ini juga sangat membantu masyarakat pelaku UMKM di tiga desa tersebut.

Pelatihan-Marketing-UMKM-3.jpg

"Keberadaan Sidoarjo Positif ingin membantu masyarakat Sidoarjo dalam segala hal, saat ini kami ingin mengiatkan UMKM Sidoarjo agar semakin dikenal di tingkat nasional dan semoga bisa tembus pasar internasional produk hasil UMKM di tiga Desa ini. Terima Kasih Lapindo Brantas Inc dan Dinas Koperasi dan UMKM Jatim yang membantu kegiatan kami," ungkap remaja berhijab ini.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengembangan Pemasaran Bidang UMKM Diskop dan UMKM Pemprov Jatim, Totok Indarto memberikan apresiasi kepada ibu-ibu pengiat usaha kecil ini meluangkan waktunya untuk mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana pemasaran dan marketing produk.

"Luar biasa, ibu-ibu ini sangat antusias dan ingin hasil produknya bisa dijual dipasaran dengan baik. Saat ini ibu-ibu pelaku UMKM ini tinggal mendalami pengetahuan mengenai pengemasan dan marketing atau pasar pemasaran prosuk mereka saja yang perlu didalami atau ditempa lagi. Saya yakin produk hasil UMKM mereka akan mendapat hati di masyarakat dengan bantuan dan pendampingan Sidoarjo Positif," paparnya.

Di sisi lain, Munajat Kholil, Public Relation Superitendent Lapindo Brantas Inc. berharap agar warga pelaku UMKM di sejumlah desa ini mampu memanfaatkan wadah yang digagas Sidoarjo Positif ini dalam menggerakan kapabilitas warga.

"Harapan kami, warga bisa termotivasi  dan meningkatkan kualitas produknya serta dalam hal pemasaranya. Jika semua berjalan baik maka secara tidak langsung akan meningkatkan kesejahteraan warga.

Lapindo Brantas Inc juga mengapresiasi kegiatan Sidoarjo Positif dalam pengembangan UMKM di Sidoarjo. Semoga dalam kegiatan seperti ini, Lapindo Brantas Inc bisa diajak kerjasama kembali oleh Sidoarjo Positif. "Karena kegiatan seperti ini merupakan salah satu program Lapindo Brantas dalam program sosial kepada Masyarakat khususnya Sidoarjo," harapnya.

Sementara, Rina salah satu perwakilan pelaku UMKM dari Desa Kalidawir,  mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang sangat bermanfaat bagi usahanya tersebut. 

"Pelatihannya yang diberikan Sidoarjo Positif sangat lengkap, hal seperti ini sangat sulit kami dapatkan. Sekalipun kami sudah punya produk, tetapi sebagai pelaku usaha kecil kami sangat membutuhkan pelatihan dan pemasaran produk kami, terima kasih Sidoarjo Positif dan pihak Lapindo," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Sidoarjo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES