Peristiwa Daerah

Dihadapan Santri Nahdlatul Wathan, Surya Paloh Ajak Jaga Pancasila

Minggu, 16 Desember 2018 - 08:44 | 28.92k
Tokoh nasional Surya Paloh saat memberi kuliah umum kebanggaan, di Pondok Pesantren Nahdlatul Wathan, Lombok Timur, Sabtu (15/12/2018). (FOTO: Anugrah Dany/TIMES Indonesia)
Tokoh nasional Surya Paloh saat memberi kuliah umum kebanggaan, di Pondok Pesantren Nahdlatul Wathan, Lombok Timur, Sabtu (15/12/2018). (FOTO: Anugrah Dany/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LOMBOK TIMUR – Dihadapan ribuan santri Nahdlatul Wathan (NW) tokoh nasional Surya Paloh mengingatkan akan pentingnya Pancasila dalam kehidupan bernegara sekaligus sebagai ideologi bangsa Indonesia.

Ia mengatakan, bahwa Pancasila merupakan  alat pemersatu bangsa, karena Pancasila bisa menyatukan banyak suku dan agama di Indonesia.

"Bangsa ini harus memiliki ideologi. Bangsa yang tidak memiliki ideologi dipastikan tidak akan berlangsung lama. Maka pendiri bangsa kita telah melahirkan sebuah pemikiran besar sebagai alat pemersatu, yaitu Pancasila," kata Surya Paloh, saat memberi kuliah umum kebangsaan, di Ponpes NW, Lombok Timur, Sabtu (15/12/2018).

Menurut Paloh, Indonesia dapat menjadi bangsa yang besar dan hebat apabila generasi muda dapat tetap mempertahankan ideologi Pancasila.

"Saya berharap para santri Ponpes NW serta generasi muda pada umumnya untuk terus konsestien menjaga ideologi Pancasila, sehingga Indonesia menjadi negara yang semakin maju," ujarnya.

Lebih jauh, Paloh menegaskan bahwa Pancasila senafas dan sejalan dengan umat Islam. Selain itu Pancasila juga sebagai alat penguat NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) 

"Kalau ada segelintir orang yang mencoba meremeh temehkan, dan menyatakan umat Islam itu tidak ada kaitannya dengan Pancasila. Saya katakan tidak benar itu," ucap Surya Paloh, dihadapan santri Nahdlatul Wathan(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Mataram

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES