Kesehatan

Banyak Orang Indonesia Terkena Diabetes, Ternyata Kebiasaan Ini Jadi Pemicunya

Minggu, 16 Desember 2018 - 03:41 | 34.73k
ILUSTRASI - Diabetes (FOTO: iStock)
ILUSTRASI - Diabetes (FOTO: iStock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berdasarkan penelitian Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) pada 2013, sekitar 12 juta penduduk Indonesia yang berusia di atas 15 tahun mengalami diabetes tipe 2. Sementara itu, menurut Federasi Diabetes Internasional pada 2015, jumlah diabetesi di Indonesia diperkirakan mencapai 10 juta orang dengan rentang usia 20-79 tahun. Lantas, kenapa banyak orang Indonesia yang mengalami diabetes? Apa penyebab diabetes tersebut?

Dilansir dari Hello Sehat, beberapa hal ini mungkin bisa menjadi jawaban atas penyebab diabetes pada orang Indonesia.

1. Makan Nasi Putih

Nasi putih adalah makanan pokok orang Indonesia. Namun sayangnya, menurut riset terbaru nasi ternyata berisiko tinggi meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang makan nasi putih lebih dari lima kali dalam sepekan berisiko 17 persen lebih tinggi mengalami diabetes tipe 2 dibandingkan kelompok yang hanya makan nasi sebulan sekali.

Penelitian tersebut turut melaporkan bahwa risiko ini akan meningkat 10 persen pada orang yang setiap hari makan nasi putih dalam porsi besar. Keterkaitan ini ditemukan terutama pada orang-orang Asia yang bisa mengonsumsi nasi hingga 3-4 porsi sehari.

2. Konsumsi Gula

Aneka makanan dan minuman yang dikonsumsi sering mengandung gula. Gula adalah jenis karbohidrat sederhana yang dapat cepat menaikkan gula darah.  Baik itu gula pasir, gula batu, gula sirup, ataupun jenis gula buatan lainnya. Konsumsi gula secara berlebihan tetap saja berisiko menuntun seseorang menuju kelebihan berat badan atauobesitas, yang pada akhirnya meningkatkan peluang terkena diabetes tipe 2.

3. Malas Gerak

Orang  Indonesia paling malas berjalan kaki. Setidaknya itulah temuan sejumlah ilmuwan Amerika Serikat yang mengkaji data ponsel dari ratusan ribu orang di seluruh dunia. Hasil penelitian tersebut menyebutkan penduduk paling malas berjalan kaki di dunia adalah orang Indonesia yang berada pada posisi terbawah dengan rekor hanya 3.513 langkah per hari.

Bila Anda kebanyakan duduk maka penggunaan otot-otot besar di tubuh akan menurun. Hal ini bisa berakibat pada penumpukan lemak, peningkatan kadar gula darah, dan juga kolesterol. Lama kelamaan akan terjadi gangguan toleransi gula darah sehingga memicu penyakit diabetes. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Hello Sehat

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES