Peristiwa Daerah

Singa Podium, KH Buchori Amin Wafat Saat Ceramah di Maulid Nabi

Sabtu, 15 Desember 2018 - 17:05 | 1.04m
Subscribe TIMES TV KLIK

TIMESINDONESIA, MALANGKH Buchori Amin, yang dikenal sebagai Kiai Singa Podium, asal Desa Druju, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, wafat saat ceramah agama dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW, di Pondok Pesantren Al-Ishlahiyah, Singosari, Kabupaten Malang.

Kiai Buchori wafat pada pukul 14.30 WIB, Sabtu (15/12/2018), saat dalam keadaan ceramah agama. Almarhum pingsan saat duduk di atas kursi panggung Ponpes Al-Ishlahiyah, Singosari. Acara tersebut dihadiri ribuan jemaah dan santri. Acara Maulid Nabi Muhammad SAW itu sendiri bertema “Nabi Muhammad Teladan Sejati”.

Acara tersebut juga dalam rangka Wisuda Madrasah Diniyah Al Ishlahiyah Singosari, Kabupaten Malang. Kata terakhir yang mendiang sampaikan dalam ceramahnya hingga menghembuskan nafar terakhirnya adalah; “Nuli bejo... Nuli Bejo.. Wong sing gak tau kepetuk aku...” (Sungguh beruntungnya, orang yang tidak pernah bertemu saya),” kata terakhir Kiai Buchori.

Di atas kursi panggung mendiang diduga hanya pingsan dan langsung dilarikan ke Muslimat Medical Center Singosari tak jauh dari lokasi. Namun, almarhum sudah tidak bisa diselamatkan. Kiai Buchori berpulang ke rahmatullah. Saat dilarikan ke Muslimat Medical Center Singosari, KH Tholhah Hasan, ikut mendampingi.

Menurut Fathul Wahab, ketua Panitia Maulid Nabi di Ponpes Al Ishlahiyah, belum 30 menit ceramah, Kiai Buchori sudah pingsan di atas kursi panggung. “Beliau Mauidhah belum ada 30 menit, kemudian mik yang dipegangnya terjatuh. Kemudian dibawa ke Klinik Rawat Inap Muslimat Singosari,” katanya.

Almarhum Kiai Buchori Amin, kata Wahab, dinyatakan wafat ketika masih di acara. “Saat itu kebetulan ada wali santri yang perawat, sudah mengecek kondisi Kiai Buchori dan sudah dalam kondisi meninggal dunia,” katanya.

“Kami sangat berduka sedalam-dalamnya atas wafatnya KH Buchori Amin. Beliau Wakil Rais Syuriah PCNU Kabupaten Malang. Kami sangat kehilangan sosok Kiai Buchori Amin yang pemberani, istiqamah dalam bernahdlatul ulama,” kata Ketua GP Ansor Kabupaten Malang, Husnul Hakim Syadad, kepada TIMES Indonesia.

KH Buchori Amin kata Husnul, wafat ketika sedang ceramah acara Maulid Nabi Muhammad SAW, di Ponpes Al Islahiyah Singosari. “Di zamannya dulu, ketika orde baru beliau dikenal sebagai singa podium di kalangan warga NU dan masyarakat di Malang,” jelas Husnul.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES