Indonesia Positif

Puluhan Ribu Umat Islam Hadiri Haul KH Abdul Hamid

Senin, 14 Januari 2019 - 23:01 | 336.02k
KH Maruf Amin dan Gus Ipul hadir dalam Haul KH. Abdul Hamid ke-37 di Pondok Pesantren Salafiyah, Kota Pasuruan.. (FOTO: AJP/TIMES lndonesia)
KH Maruf Amin dan Gus Ipul hadir dalam Haul KH. Abdul Hamid ke-37 di Pondok Pesantren Salafiyah, Kota Pasuruan.. (FOTO: AJP/TIMES lndonesia)

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Puluhan ribu umat Islam dari berbagai daerah di Indonesia menghadiri Haul KH. Abdul Hamid ke-37, di Pondok Pesantren Salafiyah, Kota Pasuruan, Sabtu (17/11/2018). Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia termasuk Kalimantan dan Sulawesi.

Muhammad Jazuni, 37 tahun, warga Balikpapan mengaku tidak pernah absen selama 7 tahun dalam Haul KH Abdul Hamid. Tujuannya, untuk mengharap berkah sekaligus bersilaturahmi dengan keluarganya di Pasuruan.

Raharto-Teno-Prasetyo-KH-Maruf-Amin.jpg

"Istri saya asli orang Pasuruan. Saya sebagai warga Balikpapan memanfaatkan momen Haul KH Abdul Hamid untuk pulang ke kampung halaman istri,” ujar Jazuni.

Menurutnya, Haul KH Abdul Hamid yang meriah dan dihadiri ribuan orang, selalu dirindukan setiap tahun. 

“Saya menikmati sesak-sesakan, dan berangkat subuh supaya bisa duduk di depan dan dekat dengan para kiai,” tuturnya.

Tampak hadir, KH Ma’ruf Amin dalam Haul KH Abdul Hamid. Cawapres yang berpasangan dengan Joko Widodo ini datang ketika KH Idris Hamid memberikan sambutan di panggung utama. 

Hadir pula Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf, Plt Walikota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, para kiyai, dan habaib. Gus Ipul, sapaan akrabnya, sekaligus berpamitan kepada warga Jawa Timur.

“Saya sambutan dalam rangka pamitan sebagai Wakil Gubernur. Nggak jadi wakil, namun tetap mendapat barokah,” ucapnya.

Gus Ipul mengaku bersyukur, bersama Pakde Karwo dia memimpin Jawa Timur selama 10 tahun atau dua periode. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES