Kesehatan

Awas! Kondisi Ini Jadi Penyebab Kanker Mulut

Sabtu, 15 Desember 2018 - 04:14 | 57.79k
ILUSTRASI (FOTO: Dokter Sehat)
ILUSTRASI (FOTO: Dokter Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berbagai jenis kanker menjadi penyakit yang menakutkan bagi siapa pun. Pasalnya, kanker merupakan salah satu penyakit yang susah disembuhkan. Meski demikian, tak semua jenis kanker sering ditemukan di Indonesia. Salah satu jenis kanker yang masih jarang adalah kanker mulut. Seperti jenis kanker yang lain, penyakit ini juga sangat mematikan. Lalu, apa penyebab kanker mulut?

Dilansir dari Antara, kanker mulut disebabkan oleh banyak hal seperti merokok, iritasi kronis, minuman keras/alkohol, genetik, makanan pengawet, makanan yang dibakar, sinar UV, gizi buruk, penyedap makanan. Bahkan, kanker ini juga bisa disebabkan stres.

Ya, stres ternyata memiliki peran untuk menimbulkan kanker, salah satunya adalah kanker mulut. Hal ini disampaikan oleh Dr. drg. Hananto Seno, Sp. BM., MM,. Ia mengatakan bahwa stres berkepanjangan akan membuat sel bermutasi.

"Stres itu akan mengubah sistem pertahanan tubuh dan imun. Ini menyebabkan iritasi sel dan bermutasi. Yang tadinya aman-aman saja berubah, salah satunya menyerang mukosa mulut," ujarnya.

Beliau mengungkapkan bahwa ia memiliki beberapa pasien penderita kanker mulut yang salah satu pemicunya adalah stres. Kebanyakan dari mereka, mengalami stres ringan namun berlangsung dalam jangka waktu lama.

Setelah menganalisa berbagai kasus kanker mulut, drg. Hananto dan teman-teman di Amerika menyimpulkan bahwa stres yang minimal tapi jangka panjang akan menyebabkan iritasi sel.

Meski demikian, seperti jenis kanker lainnya, kanker mulut juga dapat dicegah. Caranya adalah menghindari penyebab kanker mulut seperti rokok, minuman alkohol. Selalu jaga kesehatan rongga mulut, melakukan pemeriksaan rutin, menjaga pola makan serta melakukan SAMURI atau periksa mulut sendiri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES