Gaya Hidup

Ingin Wajah Bebas Jerawat? Hindari Makanan Penyebab Jerawat Ini

Sabtu, 15 Desember 2018 - 03:09 | 2.11m
ILUSTRASI (FOTO: Alodokter)
ILUSTRASI (FOTO: Alodokter)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Munculnya jerawat di wajah disebabkan oleh berbagai faktor. Selain kulit wajah sensitif, jerawat juga disebabkan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Anda ingin terhindar dari jerawat? Berikut makanan penyebab jerawat yang mungkin harus Anda hindari.

1. Makanan Pedas

Pecinta makanan pedas harus waspada karena ternyata makanan pedas juga dapat menyebabkan jerawat. Makanan pedas dapat meningkatkan sirkulasi darah ke wajah yang dapat menjadi pemicu jerawat. Selain itu, gangguan pencernaan yang disebabkan makanan pedas juga sering kali dapat memicu jerawat.

2. Mi Instan

Mi instan memiliki rasa yang lezat dan bisa membuat ketagihan. Walaupun kelezatannya sudah tidak diragukan, bahaya mie instan untuk kesehatan juga sudah banyak dibuktikan. Menyebabkan jerawat juga ternyata merupakan salah satu bahaya mie instan, karena mie instan juga memiliki kandungan gluten tinggi dan tentunya juga bahan pengawet tinggi.

3. Junk Food

Junk food merupakan makanan dengan kandungan lemak, kolesterol, garam, dan bahan pengawet yang tinggi. Makanan seperti ini tentu berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan dan sangat mungkin menyebabkan jerawat.

4. Gorengan

Sudah banyak yang membuktikan bahwa konsumsi makanan yang banyak mengandung minyak juga berpotensi meningkatkan produksi minyak pada wajah. Sebum yang berlebihan memang merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat.

5. Cokelat

Cokelat sebagai salah satu makanan penyebab jerawat memang sudah banyak dipercaya oleh masyarakat sejak dulu. Hal ini disebabkan oleh kebanyakan olahan cokelat banyak mengandung gula sehingga makanan ini dapat menyebabkan jerawat. Peningkatan gula darah dapat meningkatkan hormon penyebab jerawat.

6. Telur

Telur adalah salah satu sumber protein yang sangat mudah didapat. Keistimewaan telur ini ternyata tidak dapat disarakan oleh semua orang. Sebagian orang justru merasakan reaksi seperti jerawat bahkan bisul setelah mengonsumsi telur.

Umumnya makanan penyebab jerawat akan berpengaruh pada pemilik kulit acne prone dan tidak bereaksi pada pemilik kulit normal. Setiap orang tentunya memiliki sensitivitas yang berbeda-beda. Sangat penting mengenali apakah Anda memiliki kulit wajah sensitif terhadap makanan tertentu atau tidak, agar jerawat dapat dihindari. Jika makanan tersebut tidak memberikan efek negatif pada tubuh, maka artinya makanan tersebut tidak masalah jika dikonsumsi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES