Gaya Hidup

Sakit Perut Usai Minum Kopi, Apa Penyebabnya?

Sabtu, 15 Desember 2018 - 02:07 | 43.73k
ILUSTRASI (FOTO: Hello Sehat)
ILUSTRASI (FOTO: Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kopi menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Kopi sering diminum saat santai hingga teman kerja. Minuman berkafein ini dipercaya dapat mencegah kantuk dan menambah konsentrasi. Meski demikian, minum kopi yang baik adalah tidak lebih dari 2 cangkir dalam sehari.

Pada sebagian besar orang, kopi diminum di pagi hari sebelum mulai beraktivitas. Namun beberapa orang bisa mengalami sakit perut setelah minum kopi, terutama saat mengonsumsinya dalam kondisi perut kosong. Mengapa bisa terjadi?

Dilansir dari Klik Dokter, hal ini bisa terjadi karena terjadinya peningkatan asam lambung. Orang yang minum kopi saat perut kosong kerap mengalami rasa nyeri pada bagian ulu hati, mual atau muntah. Terlebih lagi bila Anda memang memiliki riwayat mag atau GERD (Gastro-oesophageal Reflux Disease), maka kemungkinan untuk mengalaminya menjadi lebih tinggi.

Untuk itu, sebelum minum kopi, ada baiknya Anda mengisi perut setidaknya dengan roti ataupun biskut agar peningkatan asam lambung tidak terjadi pada lambung yang kosong.

Selain keadaan perut yang kosong, kafein pada kopi bersifat stimulan yang  dapat merangsang kerja usus menjadi lebih cepat. Hal ini yang menimbulkan perut kram dan mulas. Itulah sebabnya orang minum kopi agar BAB lebih lancar. 

Minum kopi yang ditambahkan susu atau latte juga bisa menimbulkan sakit perut hingga diare bagi beberapa orang yang memiliki intoleransi laktosa. Dari sini akhirnya akan muncul keluhan perut kembung.

Agar terhindar dari sakit perut dan masalah lainnya, Anda perlu mengetahui cara mengonsumsi minuman berkafein ini dengan benar. Seperti yang disebutkan di atas, hindari minum kopi saat perut dalam keadaan kosong serta batasi hanya 2 cangkir per hari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : klikdokter.com

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES