Peristiwa Daerah

Soal Banjir Bandang Tiris, Bakorwil V akan Pertemukan Pemkab Probolinggo dan Jember

Jumat, 14 Desember 2018 - 21:15 | 43.08k
Lokasi bencana banjir bandang Tiris, Probolinggo. (FOTO: Zainul for TIMES Indonesia)
Lokasi bencana banjir bandang Tiris, Probolinggo. (FOTO: Zainul for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Pasca banjir bandang di Kecamatan Tiris, Pemkab Probolinggo, Jatim, berkoordinasi dengan Bakorwil V Jember untuk mencari penyebab banjir dan solusinya. Sebab, banjir ditengarai disebabkan oleh kerusakan hutan di wilayah Jember.

Kepada TIMES Indonesia, Kepala Bakorwil V Jember, Tjahjo Widodo mengaku sudah ada komunikasi dengan Pemkab Probolinggo terkait hal itu. “Ya, sudah,” katanya melalui pesan WhatsApp.

Sebagai tindak lanjutnya, Bakorwil Jember segera mengundang Pemkab Probolinggo, Pemkab Jember, BKSDA, Perhutani dan BPBD, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kehutanan.

banjar-bandang-tiris-2.jpg

“Waktu belum ditentukan. Insyaallah rencana tanggal 20 Desember yang mungkin,” lanjut pria yang pernah menjabat sebagai Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo ini.

Berita sebelumnya, banjir bandang menerjang Kecamatan Tiris, Selasa (11/12/2018) dini hari. Sedikitnyam, 63 rumah warga rusak, tujuh jembatan putus, dan 566 kepala keluarga terisolir.

Bersamaan dengan banjir bandang di aliran Sungai Kedaton, longsor juga terjadi. Mengakibatkan dua warga di Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris, meninggal dunia karena tertimbun.

Saat meninjau lokasi bencana, Bupati Probolinggo, Tantriana Sari menyebutkan, alih fungsi hitan di wilayah Jember menjadi salah satu penyebab.

"Dari laporan yang masuk, ada alih fungsi di hutan di wilayah Kabupaten Jember. Pemkab Probolinggo akan kroscek dan komunikasi dengan Jember. Supaya bisa mencari solusi bersama atas permasalahan ini,” katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES