Peristiwa Nasional

Kerjasama Indonesia-Norwegia Soal Perubahan Iklim Menunjukkan Peningkatan Keberhasilan

Jumat, 14 Desember 2018 - 17:04 | 30.77k
Kerjasama Bilateral Indonesia-Norwegia (FOTO: Dok. KLHK)
Kerjasama Bilateral Indonesia-Norwegia (FOTO: Dok. KLHK)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya bersama Menteri Lingkungan Hidup Norwegia, Ola Elvestuen melangsungkan pertemuan bilateral Indonesia-Norwegia di tengah penyelenggaraan konferensi perubahan iklim di Katowice, Polandia. 

Pertemuan ini mencatat keberhasilan dan peningkatan kerjasama Indonesia-Norwegia. Pemerintah Norwegia mendukung Indonesia terhadap pengendalian perubahan iklim, khususnya melalui penerapan Letter of Intent (LoI) yang ditandatangani pada tahun 2010.

Memasuki fase ketiga kerja sama ini menindaklanjuti implementasi yang akan segera dilaksanakan pada tahun 2019, setelah diselesaikannya isu terkait MRV/Protocol, kedua belah pihak sebelum bulan Februari 2019 mendatang.

"Norwegia sepakat mendukung Inisiatif Indonesia dalam pengembangan Indonesia Tropical Peatland Center (ITPC), dan pengembangan Mangrove Governance," ungkap Menteri LHK, Siti Nurbaya secara tertulis, Jakarta, Jumat (14/12/2018).

Dari pertemuan tersebut, Indonesia-Norwegia sepakat untuk melakukan Joint Evaluation terhadap implementasi LoI untuk berlangsungnya transparansi dan akuntabilitas kerjasama bilateral Indonesia-Norwegia tersebut. 

"Indonesia-Norwegia juga sepakat untuk meneliti rencana kerjasama Badan Restorasi Gambut (BRG) Norwegia, untuk mencapai kinerja yang lebih baik di masa depan," jelas Siti.

Pihak Indonesia juga menyampaikan beberapa dokumen terkait keberhasilan Indonesia dalam REDD+ Performance, Badan Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup (BDPLH) dan Indonesia Tropical Peatland Center (ITPC) dalam pertemuan bilateral Indonesia-Norwegia.

Selanjutnya, Menteri Lingkungan Hidup Norwegia, Ola Elvestuen mengharapkan badan ini dapat dioperasionalkan segera mungkin untuk menghindari penundaan distribusi insentif keuangan kepada para pemangku kepentingan yang bersangkutan. Ola Evestuen, ingin berkunjung ke Indonesia terkait persoalan teknis.

"Kami menyambut baik rencana kunjungan tersebut, yang akan memberikan kesempatan untuk memperbaiki dan mengalami wawasan nyata dari upaya Pemerintah Indonesia untuk mengatasi perubahan iklim, khususnya melalui kerja sama Indonesia-Norwegia," ungkap Siti. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES