Indonesia Positif

HMJA FE UWG Malang Kunjungi BEI, Apa yang Dilakukan?

Jumat, 14 Desember 2018 - 10:25 | 23.16k
HMJA FE UWG Malang Kunjungi BEI, Apa yang Dilakukan?. (FOTO:AJP/TIMES lndonesia)
HMJA FE UWG Malang Kunjungi BEI, Apa yang Dilakukan?. (FOTO:AJP/TIMES lndonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Hari ke dua kegiatan HMJA FE Kampus Inovasi UWG Malang di Ibukota, mengunjungi ke BEI (Bursa Efek Indonesia), Rabu (12/12/2018). Kunjungan ini bertujuan meningkatkan mutu sistem belajar mengajar. 

Di kantor yang berlokasi di Kawasan Niaga Sudirman, Jalan Jenderal Sudirman 52-53, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan tersebut rombongan HMJA FE UWG disambut sangat hangat Ira Shintia Rahayu, Divisi Pengembangan BEI. 

HMJA-FE-UWG-Malang..jpg

Di sana para peserta mengikuti pembukaan serentak pasar saham pada pukul 09.00 WIB yang dilakukan secara rutin. Menariknya, tidak hanya menyaksikan secara langsung pembukaan harga saham, peserta juga ikut menyaksaksikan pembukaan penawaran harga saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) PT Mega Perintis, Tbk. 

Hal tersebut tentunya menjadi kebanggaan karena bisa menyaksikan IPO yang tidak terjadi setiap hari atau bahkan jarang. Pembukaan IPO ini didahului dengan sambutan Direktur BEI dan Direktur Utama PT Mega Perintis, Tbk.

HMJA-FE-UWG-Malang...jpg

Selanjutnya rombongan diarahkan ke ruang auditorium untuk mengikuti paparan materi langsung oleh Ira Shintia Rahayu, dilanjutkan kemudian oleh Direktur utama PT Indosurya Tbk, William.  

"Investasi saham itu mudah, tidak harus melihat laporan keuangan. Cukup dengan melihat keseharian produk di pasar dan kenali perusahaannya. Jangan sampai tertipu oleh investasi bodong," jelas William.

Penjelasan tentang seluk-beluk bursa dan mekanisme transaksi perdagangan saham dan obligasi yang disampaikan pihak BEI disambut antusias oleh pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh para mahasiswa.  

Bagaimana perdagangan saham, obligasi, serta strategi untuk mendapatkan keuntungan dengan berpartisipasi pada perdagangan di Bursa Efek menjadi bagian dari keingintahuan peserta, bukan hanya para mahasiswa, tetapi juga dosen pendamping. 

Pertanyaan juga berkembang pada cara perusahaan menerapkan network marketing untuk menjadi anggota BEI, cara berinvestasi saham, sampai nilai deposit minimal yang dibutuhkan untuk memulai investasi di BEI, dan tipe-tipe investasi. Semangat bertanya makin terpacu oleh hadiah istimewa dari BEI yaitu merchandise berupa buku. 

Dari berbagai pertanyaan yang diajukan, kelihatannya sebagian besar mahasiswa yang ikut terfikir untuk menjadi investor aktif di Pasar Modal kelak di masa depan.

Kaprodi Ak FE UWG Malang Dr. Ana Sopanah berharap dari Studi Ekskursi di BEI ini para mahasiswa dapat lebih memahami apa dan bagaimana bekerjanya Pasar Saham (Capital Market) di lndonesia serta mengikuti perkembangannya yang sangat pesat di era milenial ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES