Peristiwa Nasional

Kemenag Akan Rilis Aplikasi Sihalal Januari 2019

Jumat, 14 Desember 2018 - 11:00 | 47.11k
Menteri Agama Lukman Hskim Saifuddin pada pertemuan dengan Tim BPJPH di kantor Kemenag tadi pagi. (FOTO: Kemenag)
Menteri Agama Lukman Hskim Saifuddin pada pertemuan dengan Tim BPJPH di kantor Kemenag tadi pagi. (FOTO: Kemenag)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKementerian Agama tengah menyiapkan aplikasi Sihalal atau Sistem Informasi Halal yang akan dirilis pada bulan Januari 2019.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin saat mengadakan pertemuan dengan tim Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) di kantor Kemenag, Jumat (14/12/2018) pagi, mengapresiasi gagasan dan upaya dalam membentuk Sistem Informasi Halal ini.

"Proyek ini merupakan kerja besar, dan juga merupakan hal yang luar biasa jika terwujud secara maksimal," kata Menag. 

Menag juga mengingatkan bahwa rancangan ini juga menjadi pertaruhan dan tanggung jawab Kemenag. Menag berharap, Sihalal ke depan bisa menjadi role model pengembangan model aplikasi terkait jaminan produk halal.

"Sihalal adalah sebuah rancangan sistem yang terintegrasi dan mudah untuk diakses oleh pelaku usaha. Sistem ini bisa memberi kepastian dan jaminan bagi para pengguna produk / konsumen akan validitas label Halal yang dikeluarkan oleh BPJPH," tambah Alip Setyo Wibowo, pengembang aplikasi ini di Kemenag. 

"Penerapan aplikasi Sihalal pada pelaku usaha diharapkan mampu menjaga kesinambungan proses produksi halal, sehingga produk yang dihasilkan dapat selalu dijamin kehalalannya sesuai dengan ketentuan BPJPH," katanya. 

Saat ini, Kementerian Agama terus mengembangkan aplikasi Sihalal demi terwujudnya platform yang 'user friendly' sehingga setiap lapisan masyarakat dapat dengan mudah mengaksesnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES