Pendidikan

Pemkab Malang Kembangkan Perpustakaan Digital

Jumat, 14 Desember 2018 - 10:40 | 43.72k
Sukowiyono, Kepala Disperpusip Kabupaten Malang,saat peluncuran aplikasi imalangkab. (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
Sukowiyono, Kepala Disperpusip Kabupaten Malang,saat peluncuran aplikasi imalangkab. (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGPemkab Malang mengembangkan perpustakaan digital, melalui peluncuran aplikasi iMalangkab.

Peluncuran perpustakaan digital ini guna mendukung perkembangan teknologi, yang dimanfaatkan untu hal positif, terutama dalam bidang keperpustakaan.

Pengembangan aplikasi itu dilakukan Pemkab Malang bekerjasama dengan PT Woolu Aksara Maya sebagai pembuat aplikasi imalangkab. Sedangkan aplikasi tersebut dapat diunduh melalui Google Playstore yang ada di ponsel pintar android.

Sukowiyono, Kepala Disperpusip Kabupaten Malang mengatakan, dengan aplikasi iMalangkab mempermudah masyarakat dalam mendapatkan literasi atau membaca untuk menambah wawasan, informasi maupun ilmu pengetahuan.

“Perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini tentunya harus dimanfaatkan untuk hal positif. Salah satunya seperti yang kami lakukan ini dengan mengembangkan perpustakaan digital yang berbasis andorid,” ujarnya kepada TIMES Indonesia, Jumat (14/12/2018).

Sukowiyono menjelaskan, aplikasi tersebut dapat dimanfaatkakan masyarakat luas. “Karena berbasis android, maka dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun, asalkan memiliki smartphone dan juga akses internet,” terangnya.

Sementara itu, Ratna Indrayani, Kabid Pengembangan Perpustakaan Disperpusip Kabupateb Malang menjelaskan, Aplikasi ini juga dapat menggabungkan fitur membaca buku digital dan berinteraksi antar warga lewat fitur media sosial yang dapat diatur.

“Aplikasi perpustakaan digital dilengkapi fitur sosial media yang dapat diakses melalui smartphone. Selain andorid, aplikasi ini juga dapar diakses melalui Tablet, Laptop, IOS dan Windows,” katanya.

Menurutnya dengan adanya aplikasi perpustakaan digital sekaligus sebagai salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Malang memerangi konten negatif seperti hoax di dunia maya yang marak belakangan ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES