Peristiwa Daerah

Pamekasan Bikin Terobosan Mall Pelayanan Pertama di Madura

Kamis, 13 Desember 2018 - 16:35 | 128.34k
Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan bersama dengan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Pamekasan. (FOTO: istimewa)
Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan bersama dengan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Pamekasan. (FOTO: istimewa)

TIMESINDONESIA, PAMEKASANBupati Pamekasan Baddrut Tamam bersama Wakil Bupati Pamekasan, Rajae, secara bertahap mulai melakukan terobosan program. Salah satunya, akan segera meluncurkan program mall pelayanan publik.

Mall pelayanan dibuat untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik dan prima. Salah satu jenis pelayanan yakni pelayanan perijinan ijin usaha untuk investasi, pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Badrut Tamam dalam beberapa kesempatan mengatakan, mall pelayanan merupakan gagasan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi dalam satu gedung. Sehingga satu kali proses, pelayanan bisa langsung selesai tanpa harus pindah-pindah tempat. 

"Mall pelayanan bertujuan agar efektif, efisiensi dan transparan," ujar Badrut.

Mantan anggota DPRD Jawa Timur ini menambahkan, mall pelayanan di Pamekasan merupakan satu-satunya di Madura. Tiga kabupaten lainnya, Sumenep, Sampang dan Bangkalan, masih belum memprogramkan. Bahkan di Jawa Timur hanya ada empat daerah yang mempunyai program terobosan percepatan pelayanan ini, yakni Kota Surabaya, Banyuwangi, Mojokerto dan Pamekasan. 

Sementara ini, mall pelayanan dipusatkan di lantai dasar gedung Islamic Center, Desa Panglegur, Kecamatan Tlanakan. Gedung Islamic Center tempatnya yang luas dan dianggap respresentatif untuk ditempati sebagai mall pelayanan.

"Di mall pelayanan kita harus bisa membedakan yang sifatnya sederhana dengan waktu yang singkat. Kalau selesai dua menit jangan sampai 10 menit. Kalau ada persyaratan yang komplet, harus dipotong sehingga lebih cepat. Tujuan agar kemudahan untuk perizinan usaha semakin baik dan semakin cepat," ungkap mantan aktivis PMII Malang ini. 

Mall pelayanan rencananyaakan diresmikan pertengahan bulan Desember ini. Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk kantor Imigrasi, Samsat, kantor pajak, kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN), akan membuka loket di mall pelayanan publik ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Madura

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES