Peristiwa Nasional

Jubir Prabowo-Sandi Desak Audit Pengelolaan EKTP

Kamis, 13 Desember 2018 - 07:51 | 42.16k
e - KTP (Foto: Dokumen Times Indonesia)
e - KTP (Foto: Dokumen Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade mendesak dilakukannya audit menyeluruh terhadap pengelolaan e-KTP mulai tingkat pusat yakni Direktorat Jenderal Dukcapil Kemendagri hingga ke daerah. Sebab, e - KTP sangat krusial bagi kesuksesan Pemilu 2019.

Andre mengaku sangat khawatir dengan jalannya Pemilu 2019 ini, sebab, di masa kampanye Pilpres 2019, banyak temuan kasus e-KTP tercecer dan ditemukan warga. Kabar terbaru adalah kasus penemuan 1.000 keping e-KTP yang tercecer di Desa Kampung Baru, Kecamatan Pariaman Tengah, Sumatera Barat.

"Mendagri tidak perlu lagi berkilah dan mencoba menganggap enteng kasus ini, apalagi memberi alasan yang tidak masuk akal. Persoalan e-KTP sangat krusial bagi kesuksesan Pemilu 2019," tegas Andre kepada wartawan, Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Menurut dia, temuan demi temuan e-KTP yang tercecer di tengah masyarakat merupakan puncak gunung es dari ketidakbecusan pemerintah dalam mengurus data kependudukan.

"Kasus ini jelas merupakan fenomena gunung es. Kita tidak perlu kaget bila ternyata menemukan kasus serupa di daerah lain," katanya.

Andre mengatakan, meski seluruh e-KTP yang ditemukan warga Padang Pariaman sudah tidak berlaku, fakta ini menunjukkan adanya ketidakberesan Kementerian Dalam Negeri dalam mengelola e-KTP.

Selain mendesak dilakukannya audit menyeluruh terhadap pengelolaan e-KTP, Andre juga mendesak DPR untuk segera memanggil sejumlah pihak terkait seperti Kementerian Dalam  Negeri dan penyelenggara Pemilu untuk duduk bersama menuntaskan persoalan e-KTP tercecer ini. 

Sebab, lanjut Andre, pembiaran kasus ini berpotensi merusak proses Pemilu di Indonesia.

"Soal ini sangat serius karena bisa menciderai, bahkan menghancurkan proses pemilu dan pilpres," tegas Andre.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES