Gaya Hidup

Ini Pola Makan Sehat yang Bikin Gak Gampang Lapar

Kamis, 13 Desember 2018 - 05:20 | 79.74k
Ilustrasi - Pola makan sehat (Foto: hellosehat)
Ilustrasi - Pola makan sehat (Foto: hellosehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPola makan yang sehat tentunya akan berdampak pada kesehatan tubuh dalam jangka waktu yang panjang. Lantas bagaimana pola makan yang benar dan bikin gak gampang lapar?

Makan setidaknya satu menu berbasis tanaman per hari. Banyak dari kita yang masih kurang mengkonsumsi sayuran. Kini biasakan makan sayuran setiap hari. Anda dapat memulainya satu kali sehari. Dan ditingkatkan menjadi dua kali sehari, hingga akhirnya menjadi kebiasaan.

Makan setidaknya satu jenis makanan yang mengandung probiotik per hari

Ahli gizi asal AS, Pam Bede, R.D., mengatakan, kita membutuhkan probiotik agar kesehatan pencernaan tetap optimal. Pastikan setidaknya Anda mengonsumsi satu porsi makanan fermentasi (misalnya kimchi, kombucha) atau makanan dengan bakteri hidup (seperti yogurt) per harinya.

Bawa bekal setidaknya seminggu penuh setiap bulan

Terdengar merepotkan ya. Namun sebenarnya dengan membawa bekal ke kantor Anda dapat mengatur porsi makan Anda sendiri. 

Tipsnya luangkan waktu beberapa jam di akhir pekan untuk menyusun dan menyiapkan menu bekal selama seminggu ke depan, dan lihat betapa kebiasaan ini akan membantu memperbaiki pola makan Anda.

Camilan manis cukup sekali sehari

Kalau setiap hari Anda biasa mengudap camilan manis seperti biskuit, es krim, atau yang lain, mulai dengan mengganti makanan tersebut dengan camilan lain yang lebih bergizi dan bermanfaat, misalnya buah atau kacang-kacangan, setidaknya satu sesi ngemil dalam sehari. Lama-lama, tingkatkan menjadi dua sesi, tiga sesi, lalu setiap hari.

Memperbaiki pola makan tak akan dapat terlaksana jika tak ada nita dalam diri Anda. Kumpulkan niat untuk hidup lebih sehat dengan mengatur pola makan yang tepat dan olah raga secara rutin.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES