Kuliner

Pedasnya Rica-rica Mentok Bu Win Ponorogo Bikin Ketagihan

Kamis, 13 Desember 2018 - 01:21 | 390.44k
Winarti menghidangkan menu rica-rica mentok ekstra pedas yang melegenda (Foto: Endra/TIMES Indonesia)
Winarti menghidangkan menu rica-rica mentok ekstra pedas yang melegenda (Foto: Endra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Bagi pecinta kuliner di Ponorogo, siapa yang tidak tahu rica-rica mentok Bu Win Dasun. Di balik sukses rumah makan rica-rica yang terkenal dengan menu ekstra pedasnya itu, tersimpan perjalanan panjang Winarti, sang pemilik, dalam membangun bisnis kulinernya hingga sampai seperti sekarang.

Berawal hanya berupa warung kecil seukuran 4x6 meter berdinding gedek, dari situlah awal perjalanan rica-rica Bu Win Dasun mewarnai kekhasan kuliner di bumi reyog ini.

 Rica-rica entok olahan Winarti bisa dikatakan melegenda di kalangan pecinta kuliner. Bermula dari hobi masak, Winarti coba-coba membuat rica-rica mentok. Hasil masakannya itu diantar ke tetangga sekitar. Mendapat sambutan hangat karena rasanya yang menggoyang lidah, akhirnya Winarti membulatkan tekad membuka warung rica-rica

Semula hanya mampu menjual 1 ekor, Seiring berjalannya waktu, rica-rica menjadi primadona warga setempat. Pun entok yang dihabiskan dalam sehari kian bertambah banyak. "Alhamdulillah rica-rica ini banyak yang suka," katanya. 

Kemampuan Winarti dalam mempertahankan cita rasa rica-rica patut diacungi jempol. Terbukti varian menu rica-rica mulai tidak pedas, pedas, dan ekstra pedas hingga sekarang masih diburu pelanggan. Hanya dalam waktu empat tahun dia berhasil menyulap warung gedeknya itu menjadi rumah makan dengan bangunan permanen beraksitektur modern.

Hingga saat ini dalam sehari dia harus menyembelih 50 ekor per hari untuk mencukupi permintaan pengunjung. Jumlah itu meningkat tiga kali lipat pada saat lebaran. Bahkan rumah makannya sampai tidak mampu menampung pengunjung yang datang. "Saat lebaran pengunjungnya luar biasa banyaknya," tutur nenek tiga cucu itu.

Resep rahasia racikan Winarti diturunkan kepada ketiga anaknya. Mereka dipercaya mendirikan cabang di berbagai wilayah di daerah di Ponorogo. Mulai cabang Kalimalang, Balong, dan Condong. Varian menu rica-rica yang paling diminati para pengunjung adalah ekstra pedas. Tidak heran, jika para pengunjung terlihat lahap saat menyantap rica-rica ini.

Untuk menutupi sensasi rasa pedas yang membikin pengunjung ketagihan, harga yang dipatok relatif terjangkau. Cukup merogoh kocek Rp 15 ribu, Anda sudah siap menguji adrenalin menyantap rica-rica entok esktra pedas.Tertarik? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : TIMES Madiun

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES