Politik Prabowo-Sandi

Pemindahan Posko ke Jateng, Strategi Prabowo Ganggu Basis Jokowi

Rabu, 12 Desember 2018 - 21:02 | 53.57k
(Grafis: TIMES Indonesia)
(Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pasangan capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memindahkan posko Badan Pemenangan Nasional (BPN) ke Jawa Tengah (Jateng). Melihat hal ini, pengamat politik Wempy Hadir menyebut itu merupakan strategi untuk menggangu basis duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin.

"Berkaitan dengan pindahnya markas pemenangan Prabowo-Sandi ke Jawa Tengah, menurut saya mempunyai alasan yang sangat kuat," kata Wempy saat dihubungi TIMES Indonesia,Rabu (12/12/2018).

Alasan pertama menurutnya, Jateng merupakan provinsi dengan jumlah pemilih ketiga terbesar di Indonesia setelah Jawa Barat dan Jawa Timur.

"Jumlah pemilih yang begitu signifikan tentu menjadi magnet bagi para capres dan cawapres untuk menggalang kekuatan yang maksimal di sana," kata Wempy.

Kemudian alasan kedua lanjut Wempy, berkaitan dengan elektabilitas. Dimana elektabilitas Prabowo-Sandi di Jateng masih tertinggal jauh dari Jokowi-Ma'ruf Amin. Selain itu, Jateng juga dikenal kuat dengan kekuatan PDI Perjuangan, sehingga disebut dengan basis merah.

"Nah sekarang pilihan bagi Prabowo adalah mengganggu basis suara Jokowi-Ma'ruf Amin," jelasnya.

"Sehingga mereka bisa mendapatkan tambahan dukungan di Jawa Tengah. Hanya dengan demikian elektabilitas mereka di Jawa Tengah bisa diperbaiki," ulas dia.

Kendati demikian, Wempy menilai hal yang utama adalah bagaimana duet Prabowo-Sandi melakukan penggalangan kekuatan di Jateng. Kalau penggalangan dengan menggunakan pendekatan yang konvensional seperti pawai keliling kota dan pengerahan massa kata dia, maka dampaknya tidak cukup signifikan.

"Tapi kalau menggunakan pendekatan door to door campaign (kampanye dari rumah ke rumah) bisa saja memberikan dampak elektoral bagi duet Prabowo-Sandi," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES