Pendidikan

Seratus Mahasiswa Polbangtan Malang Datang ke Pasuruan

Rabu, 12 Desember 2018 - 20:06 | 45.96k
Mahasiswa Polbangtan Malang melakuka kegiatan praktikum mata kuliah Evaluasi Penyuluhan Pertanian di BPP Tutur Pasuruan. (FOTO: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)
Mahasiswa Polbangtan Malang melakuka kegiatan praktikum mata kuliah Evaluasi Penyuluhan Pertanian di BPP Tutur Pasuruan. (FOTO: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Kurang lebih seratus mahasiswa Polbangtan Malang berkunjung ke BPP Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Mahasiswa semester V Jurusan Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan ini, melakukan pengambilan data lapangan.

Pengambilan data tersebut merupakan bagian dari kegiatan praktikum mata kuliah Evaluasi Penyuluhan Pertanian. Tujuannya, melatih mahasiswa agar terampil dalam pengambilan data evaluasi, dan pengimplementasian instrumen di lapangan.

Pasuruan-Polbangtan-2.jpg

Yudi Rustandi, dosen pengampu mata kuliah mengatakan, praktikum ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami mengerti dan bisa terampil dalam membuat kuisioner.

"Mahasiswa dapat mengimplementasikan instrumen di lapangan sehingga data yang dihasilkan merupakan data yang riil," sambungnya.

Selain itu, kata dia, dosen terus mendorong agar mahasiswa kompeten dalam pembuatan kuisioner, pengambilan data, dan menganalisisnya hingga menghasilkan data yang valid.

Sebagai lembaga pendidikan, Yudi menandaskan, Polbangtan Malang akan mencetak lulusan sebagai job creator dan job seeker, yang nantinya tidak akan terlepas dari penyuluhan.

Pasuruan-Polbangtan-3.jpg

"Penyuluhan sendiri tetap dibutuhkan baik di instansi pemerintahan maupun swasta. Kami bertanggung jawab untuk mencetak calon penyuluh yang kompeten," terangnya.

Sementara itu, menurut Kepala BPP Tutur, Aziswoyo Indriya, Polbangtan Malang sangat progresif dalam mencetak penyuluh yang kompeten.

"Sering BPP Tutur ini menerima mahasiswa yang sedang praktik lapangan untuk kompetensi penyuluhan," tuturnya.

Aziswoyo turut mendorong agar lulusan Polbangtan dapat mengabdikan diri sesuai dengan profesi yang sesuai dengan bidang yang digeluti.

"Tidak hanya sebagai penyuluh melainkan pekerjaan lainnya yang seirama dengan pertanian, sehingga bersama kita dapat memajukan pertanian bangsa," pesannya kepada mahasiswa Polbangtan Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES