Peristiwa Daerah

Tiga Wakil Kota Madiun Raih PPID Award Tingkat Provinsi

Rabu, 12 Desember 2018 - 15:47 | 37.38k
Para penerima PPID Award tingkat Provinsi. (FOTO: Humas Pemkot Madiun)
Para penerima PPID Award tingkat Provinsi. (FOTO: Humas Pemkot Madiun)

TIMESINDONESIA, MADIUNKota Madiun diakui memiliki tingkat keterbukaan informasi publik sangat baik. Terbukti dengan diraihnya penghargaan PPID Award kelompok Kabupaten/Kota Terbaik tingkat Jawa Timur 2018. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Madiun mendapat kategori A. 

'’Alhamdulillah, kategori yang didapat naik dari sebelumnya. Dari predikat B sekarang dapat A. Artinya, peran PPID Kota Madiun dalam menyuguhkan informasi kepada masyarakat sudah sangat terbuka,’’ kata Kepala Diskominfo Kota Madiun Subakri usai menerima penghargaan PPID Award di RM Agis Surabaya, Selasa (11/12/2018) malam.

madiun-kota-karismatik.jpg

PPID Kota Madiun berpeluang mendapat dua penghargaan sekaligus. Yakni kategori website terbaik. Namun, PPID Kota Madiun hanya menjadi nominalis kategori itu.

Predikat ini tak terlepas dari upaya pemerintah Kota Madiun dalam menyajikan keterbukaan informasi publik. Ini sesuai dengan amanat UU 14/2008. Berbagai media untuk menyalurkan informasi kepada masyarakat juga tersedia. Mulai media elektronik, cetak, dan media sosial. Informasi juga tersedia melalui website, tabloid, buku, radio, dan berbagai akun media sosial. Serta didukung layanan internet gratis di 1.300 titik.

Lewat website, komunikasi dengan masyarakat juga terjalin dengan layanan chatting. Dinas Kominfo menyiapkan petugas khusus yang menjawab semua pertanyaan masuk selama 24 jam. Setiap keluhan yang masuk langsung diteruskan ke organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Ini menunjukkan respons terhadap laporan masyarakat cukup bagus.

'’Sekarang sudah ada aplikasi smartphone sehingga masyarakat tidak perlu repot-repot mengetik,’’ ujar Subakri.

Ketua Komisi Informasi Publik (KIP) Jawa Timur Ketty Tri Setyorini menjelaskan penilaian PPID Award dilakukan secara bertahap. Dimulai tahap penghimpunan data melalui kuesioner dan peninjau website oleh tim penilai. Penghargaan ini terbagi dalam beberapa kelompok dan kategori. Juga ada kategori khusus yang terdiri dari transparansi anggaran, website terbaik, dan meja layanan terbaik. 

Penghargaan tidak hanya diraih PPID Kota Madiun saja. Dua wakil Kota Madiun lain juga berhasil meraih penghargaan. Yakni, KPUD Kota Madiun yang berhasil meraih PPID Award kategori A kelompok KPU dan Kelurahan Pangongangan yang mendapat kategori B kelompok kelurahan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Madiun

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES