Kesehatan

Lima Makanan Sehat yang Tak Lagi Sehat Karena Salah Mengolahnya

Rabu, 12 Desember 2018 - 22:34 | 22.56k
Makanan sehat. (FOTO: ohwjaxcom)
Makanan sehat. (FOTO: ohwjaxcom)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pola hidup sehat tentunya juga diimbangi dengan pola makan sehat. Makanan sehat akan tetap sehat jika Anda benar saat mengolah dan mengkonsumsinya.

Tak banyak yang mengetahui, bahwa lima bahan makanan sehat ini ternyata selama ini salah cara mengolahnya. Sehingga makanan tersebut tak lagi baik untuk kesehatan.

1. Brokoli
Brokoli goreng, anak-anak pasti suka. Namun ternyata cara ini salah. Jika anda ingin mendapatkan manfaatnya, sebaiknya brokoli diolah degan cara dikukus. 

2. Apel
Pilihlah apel yang telah matang sempurna. Sebab apel yang matang mengandung asam amino yang mampu membuang racun di dalam tubuh. Sayangnya kebanyakan orang memilih mengonsumsi apel yang belum matang sempurna. 

3. Bawang putih
Di dalam bawang putih terkandung senyawa alisin yang bermanfaat untuk mencegah tubuh terserang penyakit jantung dan menurunkan risiko kanker paru-paru. Senyawa itu akan keluar ketika bawang dicincang atau diiris tipis, dan didiamkan beberapa saat. Jadi, setelah dicincang jangan langsung mengolah bawang putih, tetapi tunggu beberapa menit supaya kandungan alisinnya keluar.

4. Kentang
Bahan makanan yang satu ini memang banyak dinikmati dengan cara digoreng. Padahal dengan cara tersebut justru membuat lemak di tubuh Anda bertambah karena sudah bercampur dengan minyak dan digoreng. Cara terbaik mengonsumsi kentang adalah dengan merebus atau mengukusnya.

5. Pisang
Buah yang satu ini selalu jadi andalan ketika belum sarapan atau mengisi perut. Belum lagi buah yang satu ini sangat mudah dibawa kemana saja. Namun, ternyata Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi pisang begitu saja. Saat makan pisang sebaiknya dikombinasikan dengan bahan makanan lain, seperti selai kacang atau almond.

Mulai sekarang jangan salah mengolah makanan sehat ya. Agar manfaat dari makanan tersebut dapat dirasakan oleh tubuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES