Glutera News

Memulai Usaha dengan Kemungkinan Berhasil 98 Persen, Bagaimana Caranya?

Rabu, 12 Desember 2018 - 11:43 | 131.90k
Image: Glutera
Image: Glutera

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Salah seorang konglomerat Indonesia yang bertahan melalui badai krisis bercerita bahwa dia pernah mendirikan perusahaan sendiri tanpa pengalaman kemungkinan berhasilnya hanya 15 persen-20 persen. Bila bekerja sama dengan sesama konglomerat pun, bila tidak mempunyai pengetahuan, kemungkinan bangkrutnya lebih besar daripada berhasilnya, walaupun bidang garapannya tampak jelas menguntungkan.

Dia pernah bekerja sama dengan konglomerat terbesar saat itu untuk usaha penebangan hutan di Irian Jaya yang menurut perhitungan di atas kertas pasti untung, tapi ternyata bangkrut, karena pilihan peralatannya tidak tepat. Dia memakai alat-alat bekas buatan Cina.

Ternyata alat tersebut mudah rusak, dan ketika rusak tidak bisa dibetulkan di Irian Jaya melainkan harus dibawa ke Jakarta. Waktu usaha berhenti bunga bank terus berjalan. Ketika sudah sampai lagi di Irian Jaya, ternyata alat tersebut tidak berfungsi lagi ketika musim hujan, dan seterusnya dan seterusnya, sehingga perusahaan tadi tidak kuat membayar bunga bank, dan maka akhirnya bangkrut.

Dan menurut cerita konglomerat tersebut, bila kita bekerja sama dengan perusahaan di bidang yang baru, kemungkinan berhasilnya adalah 50 persen - 50 persen.

Bila kita bekerja sama dengan perusahaan yang sudah mempunyai pengalaman di bidang garapannya, kemungkinan berhasilnya adalah 70 persen- 80 persen.

Bila kita bekerja sama dengan perusahaan terbaik 1, 2, 3 di bidang usahanya, kemungkinan berhasilnya adalah 95 persen - 98 persen.

Dia memberi contoh tentang Om William Suryajaya, pemilik Astra yang sukses luar biasa karena ada Honda dan Toyota. Semisal Om William diminta untuk membuat Astra tanpa ada perusahaan besar yang terbaik di bidangnya seperti Honda dan Toyota jelas sekali bahwa kemungkinan berhasilnya akan sangat kecil.

Dalam bukunya The E-Myth, Michael E. Gerber menyebutkan bahwa 80 persen perusahaan tutup di satu tahun pertama. Sisanya tinggal 20 persen, dan dari yang sisa ini dalam waktu 4 tahun berikutnya 80% tutup lagi.

Jadi dalam lima tahun dari semua perusahaan yang baru buka hanya terdapat 4 persen yang bisa bertahan hidup, sedang apabila usaha waralaba atau franchise 96 persen hidup di satu tahun pertama, dan dari 96 persen yang bertahan hidup itu ada 98 persen yang terus bertahan hidup 4 tahun berikutnya.

Jadi agar kemungkinan berhasil kita dalam memulai usaha menjadi 98 persen, kita harus bekerja sama dengan yang terbaik 

Cari yang terbaik di dunia. Kalau tidak bisa, cari yang terbaik di Amerika, atau cari yang terbaik di Australia, atau cari yang terbaik di Jepang. Apabila tidak bisa mencari yang terbaik di luar negeri, cari yang terbaik di Indonesia. Bila tidak bisa, cari yang terbaik di Jakarta. Bila di Jakarta pun tidak ada, cari yang terbaik di kota atau kampung kita.

Jangan lupa pula, untuk berhasil kita membutuhkan sistem kerja yang kuat, dan tim (orang-orang) yang dahsyat.

Sistem adalah urut-urutan kerja yang logis dan menghasilkan hal-hal yang sama bila dikerjakan sesuai dengan urut-urutan kerja yang logis tersebut.

Agar usaha berhasil, Anda harus kuat dalam tiga sistem berikut.

1. Sistem sumber daya manusia termasuk pembinaan, reward dan punishment-nya.
2. Sistem kontrol atau pengawasan (kontrol arus kas, kontrol kedisiplinan, kontrol keuangan, administrasi, dll).
3. Sistem marketing.

Anda juga harus memilih orang yang tepat dan berkualitas. Berikut tiga kualitas yang diperlukan.

1. Passion/gairah hidup dan gairah kerja
2. Integrity/integritas
Integritas adalah suatu konsep berkaitan dengan konsistensi dalam tindakan-tindakan, nilai-nilai, metode-metode, ukuran-ukuran, prinsip-prinsip, ekspektasi-ekspektasi dan berbagai hal yang dihasilkan. Orang berintegritas berarti memiliki pribadi yang jujur dan memiliki karakter kuat.
3. Skill/keahlian. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES