Gaya Hidup

Ingin Melakukan Senam Hamil? Ini Waktu yang Disarankan Ahli Kesehatan

Rabu, 12 Desember 2018 - 10:14 | 1.09m
Senam Hamil. (FOTO: Detik)
Senam Hamil. (FOTO: Detik)

TIMESINDONESIA, JAKARTASenam hamil menjadi salah satu olahraga yang sangat umum untuk ibu hamil. Senam hamil sangat penting untuk membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih kuat, menjaga agar semua bagian tubuh ibu tetap fleksibel dan menjaga sistem jantung yang sehat selama masa kehamilan. Meski memiliki banyak manfaat, sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk melakukan senam hamil?

Dilansir dari hamil.co.id, pada dasarnya melakukan olahraga untuk ibu hamil seperti senam hamil bisa dilakukan kapan saja. Tapi untuk mencegah berbagai masalah yang mungkin tidak terduga bagi ibu dan janin maka saran dari dokter adalah saat usia kehamilan lebih dari 20 minggu.

Ketentuan usia kehamilan tersebut mengikuti aturan bahwa saat janin berusia 0 sampai 20 minggu maka tahap ini sangat penting untuk perkembangan dan kesehatan janin. Setelah janin berusia lebih dari 20 minggu maka berat dan ukuran janin sudah lebih besar. Saat itu ibu menanggung beban yang berat sehingga perlu melakukan senam hamil untuk menjaga kebugaran tubuh.

Pada usia kehamilan 22 sampai 25 minggu maka bisa dipilih senam hamil tahap 1, kemudian usia 26 sampai 30 minggu ibu bisa melakukan tahap kedua. Sementara itu saat usia 31 sampai 35 minggu maka dilakukan tahap senam hamil ke tiga. Lalu ibu bisa mengikuti tahap akhir saat usia kehamilan 36 minggu.

Meski termasuk olahraga yang aman dilakukan saat masa kehamilan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum melakukan Senam hamil. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES