Peristiwa Daerah

Libur Natal, Singosari Digempur Mendem Duren 2018

Selasa, 11 Desember 2018 - 22:05 | 78.15k
Festival Kuliner Singosari
Festival Kuliner Singosari

TIMESINDONESIA, MALANGLibur Natal tahun ini belum punya agenda? Jangan khawatir, Anda bisa menghabiskan waktu di Singosari, Kabupaten Malang. Ya, di Singosari, tepatnya di Halaman Pusat Kerajinan Kendedes (Eks Kawedanan) Singosari, bakal digempur even Mendem Duren 2018.

Even ini bernama Festival Kuliner dan Mendem Duren 2018. Lokasi persisnya pesta duren ini persis di seberang Pasar Singosari. Acaranya bakal digelar 20-25 Desember 2018.

Dipilihnya Singosari karena arus besar libur Natal dan Tahun Baru 2019 ke arah Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, Batu) semuanya lewat jalur macet, jalan raya Singosari.

Menurut Kepala UPTD Pusat Kerajinan Kendedes Singosari, Yuni Hayati, Kabupaten Malang juga penghasil duren. Bahkan menurut dia, duren Malang tak kalah di banding duren dari daerah lain. 

"Misalnya di Ngantang, Lawang atau Pujon, dikenal penghasil duren unggulan. Walaupun belum puncak panen raya, duren kami sudah mulai panen," katanya.

Dijelaskan dia, untuk bazar duren yang diberi titel "mrndem duren" ini, pihaknya memfasilitasi dan bekerja sama dengan DMR Production Surabaya. "Dengan adanya gelar wisata duren di sini, kan, otomatis gerai-gerai kerajinan khas Kabupaten Malang di sini, ikut terdongkrak promonya," katanya tadi pagi.

Singosari adalah kota ketiga yang disinggahi tour mendem duren dari DMR. Pertama digelar di Halaman kantor Diskop UKM Pemprov Jatim, Jalan Raya Juanda, 5- 9 Desember 2018. 

Dilanjutkan mulai besok, tanggal 12-16 Desember, !mendem duren 2018* serupa bakal digelar di Halaman Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Pemkab Sidoarjo di Jalan Sultan Agung (depan Alun Alun Sidoarjo)

Tak kurang 40-an stan duren bakal gelar bazarnya di Singosari. Lebih 10.000 butir duren disiapkan selama enam hari bursa. Selain dari Kabupaten Malang sendiri, siap hadir duren dari Banyuwangi, Jember, Lumajang, Bondowoso, Probolinggo hingga Pasuruan, termasuk juga dari Bali.

Kegiatan tour mendem duren 2018 ini disponsori Sirup Kurnia, Sarung Gajah Duduk, TIMES Indonesia dan Josstoday. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES