Gaya Hidup

Bisa Membuat Asam Urat Semakin Parah, Sebaiknya Hindari Lima Buah Ini

Rabu, 12 Desember 2018 - 08:22 | 1.45m
ILUSTRASI: Asam Urat. (FOTO: dentistslook)
ILUSTRASI: Asam Urat. (FOTO: dentistslook)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penyakit asam urat biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang buruk seperti mengonsumsi makanan tinggi purin. Tak hanya berasal dari makanan tidak sehat seperti jeroan dan seafood, jenis makanan sehat seperti sayur dan buah tertentu juga sebaiknya dihindari penderita asam urat.

Dilansir dari Dokter Sehat, berikut buah yang sebaiknya dihindari penderita asam urat.

1. Durian

Bagi penderita asam urat, ada baiknya mereka tidak lagi mengonsumsi buah ini karena memiliki kandungan kolesterol cukup tinggi. Banyak orang yang tidak menyadari adanya kaitan erat antara kolesterol dengan asam urat. Padahal, jika sampai kita mengonsumsi makanan tinggi kolesterol, maka peradangan yang disebabkan oleh kristal asam urat di persendian bisa menjadi lebih sering muncul dan gejalanya juga akan terasa jauh lebih menyakitkan.

2. Rambutan

Rambutan adalah salah satu jenis buah yan paling ditunggu musimnya. Sayangnya, di dalam rambutan terdapat kandungan gula alami yang cukup tinggi. Selain itu, pakar kesehatan menyebut rambutan sebagai buah dengan sifat alkoholik, apalagi jika tingkat kematangannya sudah berlebihan. Kombinasi antara kadar gula yang berlebihan dengan sifat alkoholik inilah yang bisa membahayakan penderita asam urat.

3. Nangka

Buah nangka yang manis dan mengenyangkan ini ternyata memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Jika penderita asam urat mengonsumsinya, maka akan terjadi penumpukan kadar asam urat tambahan yang bisa menyebabkan peningkatan frekuensi serangan dari penyakit ini. Karena alasan inilah penderita asam urat sebaiknya menghindarinya.

4. Nanas

Nanas termasuk dalam buah yang menyegarkan, apalagi jika dikonsumsi di siang hari saat suhu yang panas. Selain dikonsumsi secara langsung, nanas juga bisa dijadikan campuran rujak yang nikmat. Sayangnya, sebagaimana rambutan, nanas ternyata termasuk dalam buah yang bersifat alkoholik sehingga bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan penderita asam urat.

5. Tomat

Meskipun masih menjadi perdebatan para pakar kesehatan, ada anggapan yang diyakini oleh banyak orang, yakni tomat bisa menjadi salah satu pemicu datangnya penyakit asam urat. Memang, kandungan vitamin C di dalam sayuran ini sangat tinggi, namun bagi penderita asam urat, sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsinya demi mencegah datangnya gejala serangan penyakit ini yang cukup menyakitkan.

Pakar kesehatan menyarankan penderita asam urat untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui pola makan atau pilihan makanan sehat yang tepat bagi mereka. Hal ini disebabkan oleh tingkat keparahan penyakit asam urat yang diderita setiap orang berbeda-beda sehingga pola makan yang dianggap aman tentu berbeda bagi setiap orang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES