Gaya Hidup

Bukan Rempah-Rempah Biasa, Ini Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Rabu, 12 Desember 2018 - 07:30 | 249.12k
ILUSTRASI: Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh. (FOTO: daivivarnashramcom)
ILUSTRASI: Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh. (FOTO: daivivarnashramcom)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebagai rempah-rempah dan juga bumbu jahe memiliki manfaat yang sangat banyak. Jahe yang kita kenal ini yakni sudah tidak dapat diabaikan lagi sebagai bahan untuk menghilangkan bau amis. Berbagai manfaat dari jahe tentunya bisa Anda dapatkan dengan berbagai jenis sajian. Lantas, apa saja manfaat jahe untuk kesehatan tubuh?

1. Penghilang Rasa Mual

Jahe dipercaya bisa menghilangkan rasa mual ataupun pencegah mabuk. Jahe bisa melegakan pernapasan dan memiliki rasa yang khas. Sensasi rasa unik jahe inilah yang bisa mengatasi rasa mual.

2. Sebagai Pereda Sakit dan Nyeri

Jahe mengandung beberapa senyawa diantaranya senyawa kimia, fenol dan juga gingerol. Jahe juga memiliki sifat anti nyeri yang dapat meredakan rasa sakit akan masalah kesehatan.

3. Mengatasi Risiko Penyakit Kronis

Jahe mengandung antioksidan yang dapat digunakan untuk memerangi berbagai penyakit kronis. Dalam hal ini jahe kering merupakan sumber antioksidan yang cukup tinggi yang berperan penting dalam melindungi Anda dari berbagai dampak serangan radikal bebas.

4. Mencegah Peradangan Rematik

Komponen aktif yang ada di dalam jahe seperti gingerdione, gingerol dan juga zingeron bisa bekerja untuk menurunkan berbagai zat alami yang dapat memicu terjadinya peradangan di dalam tubuh. Dalam hal ini jahe juga mengandung oleoresin yang dapat bekerja untuk melawan peradangan rematik dan juga osteoarthritis.

5. Menurunkan Berat Badan

Manfaat lain dari jahe yakni jahe dipercaya sebagai bahan alami untuk menurunkan berat badan seseorang. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh sekitar 10 orang pria, dilaporkan bahwa dengan rutin meminum air jahe panas setelah sarapan  menyebabkan efek rasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan hanya makan pagi saja. Sedangkan penelitian lain telah menemukan bahwa jahe di sini dapat membantu mengurangi nafsu makan.

6. Sebagai Pengendali Diabetes

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapatkan yakni jahe dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes. Sebuah penelitian tentunya menyatakan bahwa jahe mampu menurunkan kadar gula darah sehingga dapat membantu dalam mengatur respon insulin pada penderita diabetes.

7. Membantu Menurunkan Stres

Aroma yang ditimbulkan dari wedang jahe ini ternyata dipercaya dapat menurunkan tingkat stres seseorang serta dapat mengobati ketegangan yang ada di pikiran dan juga tubuh mereka. Perlu Anda ketahui bahwa jahe mengandung zat yang dinamakan dengan gingerol yang dapat membantu memberantas zat kimia berbahaya yang ada di dalam tubuh.

8. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat jahe untuk kesehatan tubuh selanjutnya yakni dapat melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan secara historis, jahe memang menyehatkan sistem pencernaan sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit yang tentu berhubungan langsung dengan sistem pencernaan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES