Gaya Hidup

Enam Cara Mudah Mengatasi Anak Susah Makan

Rabu, 12 Desember 2018 - 06:26 | 39.19k
ILUSTRASI: Anak Susah Makan. (FOTO: Vemale)
ILUSTRASI: Anak Susah Makan. (FOTO: Vemale)

TIMESINDONESIA, JAKARTAAnak susah makan merupakan permasalahan yang sering dikeluhkan orang tua. Berbagai cara seolah tidak berhasil dilakukan untuk mengatasi anak yang sulit makan. Meski demikian, Anda jangan putus asa. Ada banyak tips mengatasi anak susah makan yang bisa Anda lakukan.

Dilansir dari bidanku.com, berikut tips mengatasi anak susah makan yang bisa Anda coba.

1. Sajikan Makanan dalam Porsi Kecil

Ingat, lambung si kecil belum mampu menampung makanan terlalu banyak, jadi berikan ia makanan sedikit demi sedikit.

2. Variasi Makanan

Cobalah buat beberapa pilihan menu makanan, lalu biarkan buah hati Anda memilih makanan yang ia sukai. Biasanya anak lebih suka dengan makanan pilihannya.

3. Sajikan dengan Menarik

Setelah menyajikan banyak pilihan, sajikan dengan tampilan menarik. Misalnya, mencetak nasi goreng dalam cetakan teddy bear atau bebek kecil.

4. Jadikan Waktu Makan yang Menyenangkan 

Hindari mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti anak agar ia makan lebih banyak. Ini akan membuatnya merasa bahwa saat makan merupakan saat yang tidak menyenangkan. Dan bukan tak mungkin menimbulkan trauma psikologis baginya.

5. Makan Teratur

Jadwalkan waktu makan dengan teratur, agar si kecil terbiasa dengan waktu makannya. Sama halnya dengan waktu tidur, mandi dan sebagainya.

6. Libatkanlah Anak untuk Menyiapkan Makanan

Tips mengatasi anak susah makan selanjutnya adalah melibatkan anak secara langsung. Anda bisa meminta pertolongan anak untuk mengambilkan buah atau sayur di swalayan maupun membantu menyiapkan meja makan. Selain itu, anak memerlukan contoh dari orang tuanya. Bila Anda mengkonsumsi makanan sehat, maka anak akan mencontoh pola makan anda sebagai orang tua. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES