Peristiwa Nasional

Bakti Kemenkominfo RI Siapkan Satelit Multifungsi Tercanggih di Indonesia

Selasa, 11 Desember 2018 - 19:33 | 49.59k
Direktur Utama BAKTI, Anang Latif dalam acara launching program Digitalisasi Pembiayaan UMi di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (11/12/2018). (FOTO: Rahmi Yati Abrar/TIMES Indonesia)
Direktur Utama BAKTI, Anang Latif dalam acara launching program Digitalisasi Pembiayaan UMi di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (11/12/2018). (FOTO: Rahmi Yati Abrar/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Direktur Utama Bakti Kemenkominfo RI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika), Anang Latif mengatakan, pihaknya saat ini tengah menyiapkan proyek satelit multifungsi. Satelit ini merupakan satelit pertama dan tercanggih yang ada di Indonesia.

"(Satelit) berkapasitas besar dan belum pernah dipakai operator telekomunikasi di Indonesia," kata Latif saat acara Launching Program Digitalisasi Pembiayaan Kredit UMi di Aula Dhanapal, Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (11/12/2018).

Latif menjelaskan, satelit multifungsi ini merupakan solusi konektivitas untuk wilayah yang tidak mungkin dijangkau melalui media kabel. Satelit ini lanjutnya, ditargetkan pemerintah akan selesai dalam waktu tiga tahun. "Sehingga baru bisa diluncurkan di akhir tahun 2022," jelasnya.

"Saat ini sedang proses lelang, pengembalian dokumen akan dilakukan dalam minggu ini," sambung dia.

Kendati begitu, ia menyebut saat ini Bakti Kemenkominfo RI  telah menyiapkan penggunaan satelit interim, yakni dengan menyewa satelit milik negara lain sambil menunggu satelit multifungsi ini selesai. "Ibaratnya kami menyewa rumah orang lain dulu," selorohnya.

Dengan adanya satelit interim ini ujar Latif, diharapkan konektifitas total ke seluruh Indonesia sudah bisa berjalan sejak awal 2019. "Jadi tidak perlu menunggu tiga tahun," tandas dirut Bakti Kemenkominfo RI  ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES