Peristiwa Daerah

Tol Bedali Lawang-Karanglo Singosari Diberdayakan Mulai 21 Desember 2018

Selasa, 11 Desember 2018 - 16:43 | 150.20k
Dua truck melintas di ruas jalan tol Pandaan-Malang. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Dua truck melintas di ruas jalan tol Pandaan-Malang. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Jalan tol Bedali Lawang-Karanglo Singosari akan diberdayakan satu arah mulai tanggal 21 Desember 2018  hingga 1 Januari 2019 dalam rangka pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2018 menjelang Natal dan Tahun Baru 2019. 

"Hanya dengan satu arah saja karena kebijakan itu untuk memecah kepadatan kendaraan di jalur protokol Lawang-Singosari," kata Kapolsek Lawang, Kompol Gaguk Sulistyo kepada TIMES Indonesia, Senin (10/12/2018) siang.

Tol-Pandaan-Malang-2.jpg

Pengerjaan jalan tol Lawang-Singosari itu sendiri memang belum tuntas 100 persen. Tetapi ruas jalannya sudah bisa dilalui dalam skala terbatas. "Karena itu di pintu masuk Tol Bedali Lawang itu nanti akan kami dirikan Pos Pengamanan," tambah Gaguk. 

Pos Pengamanan itu akan diisi dengan personel gabungan dalam rangka Operasi Lilin Semeru 2018. Personil itu antara lain terdiri dari Polisi, TNI, DLLAJ, Jasa Marga, Relasan, Pramuka, Pemuda Pancasila dan masih banyak lagi keterlibatan ormas. "Intinya mereka, ormas ini ikut mendukung pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas," ujarnya. 

Polsek Lawang sendiri sebagai pintu gerbang masuknya kendaraan dari arah Utara (Surabaya-Pasuruan) selain akan mendirikan Pos Pengamanan juga akan mendirikan Pos Pantau. "Sesuai juklak,  H-2 pos itu akan kami dirikan," tandas Gaguk lagi. 

Problem utama jalur Lawang-Malang ini, menurut Gaguk, memang soal kepadatan lalu lintas yang menjurus ke kemacetan. Jalan utama (primer), yakni jalan propinsi ini hanya satu dan banyak persimpangannya, banyak tempat untuk memutar. Sehingga potensi kepadatan menuju kemacetan selalu timbul di jalur ini.

Karena itu dengan diberdayakannya ruas tol Bedali Lawang-Karanglo Singosari nanti, kata Gaguk, diharapkan bisa memecah kepadatan arus dari Surabaya menuju Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES