Kesehatan

Begini Cara Sembuhkan Mata Minus

Jumat, 14 Desember 2018 - 03:34 | 106.28k
Mata Minus. (FOTO: thinkstock)
Mata Minus. (FOTO: thinkstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memiliki mata minus sangat mengganggu. Penggunaan kaca mata terkadang membuat ribet. Pakai softlens? lebih ribet lagi ya, karena harus selalu higenis. Nah sebenarnya bisa nggak sih mata minus disembuhkan?

Beberapa dokter mata mengatakan bisa, dengan sejumlah syarat tentunya. Seperti mata dengan minus yang masih sedikit, menjaga mata agar tak cepat lelah, dan mengkonsumsi makanan sehat kaya vitamin A. 

Berikut tips mudah agar mata minus dapat sembuh

Mengonsumsi Buah dan Sayur

Kandungan vitamin A dalam buah dan sayur mampu menyembuhkan mata minus secara cepat bila dikonsumsi rutin. Contohnya, wortel. Konsumsi buah dan sayur dalam keadaan direbus atau dijus tanpa tambahan gula, agar kandungan vitamin A tak hilang.

Daun Sirih

Manfaatkan daun sirih untuk terapi mengobati mata minus. Bedanya dengan buah dan sayur, daun sirih digunakan untuk obat luar. Cuci daun sirih hingga bersih dan tempelkan di bagian kelopak mata dengan plester saat kita akan tidur. Biarkan sampai besok pagi.

Senam Mata

Latihlah mata untuk melihat objek yang jauh tanpa menggunakan kacamata secara rutin. Jika kita sedang bekerja di depan monitor, lemparkan pandangan ke ruangan selama 5 menit. Jangan biarkan mata kita terlalu lelah. Hindari juga menonton televisi terlalu dekat dan membaca buku di tempat yang gelap.

Istirahat

Mata minus bisa terjadi karena kurang istirahat. Jangan terlalu memaksakan mata kita untuk bekerja lebih keras. Usahakan jangan duduk di depan layar monitor dalam waktu yang terlalu lama. Tidurlah yang cukup minimal 8 jam sehari.

Yuk terapkan pola hidup sehat agar mata minus dapat sembuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES