Peristiwa Nasional

PD XIII GM FKPPI Jatim Jadi OKP Percontohan Nasional

Selasa, 11 Desember 2018 - 16:16 | 176.93k
Suasana acara Focus Group Discussion (FGD) Sahli Kasad dengan tema
Suasana acara Focus Group Discussion (FGD) Sahli Kasad dengan tema "Optimalisasi Peran Kowil dalam Membantu Pemerintah Daerah Guna Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa", Selasa (11/12/2018).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berkah konsistensi dan perjuangan yang terus dilakukan dalam menjalankan roda organisasi dan program organisasi menghasilkan prestasi. Inilah yang dijalani PD XIII GM FKPPI Jatim. Ormas kepemudaan (OKP) ini dinobatkan menjadi OKP percontohan nasional di Indonesia.

Hal itu dibuktikan dengan dipercayainya PD XIII GM FKPPI Jawa Timur menjadi pemateri dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Sahli Kasad dengan tema "Optimalisasi Peran Kowil dalam Membantu Pemerintah Daerah Guna Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa", Selasa (11/12/2018).

FGD tersebut digelar oleh Kepala Staf Ahli Kasad, di Aula Jenderal Besar AH Nasution Lantai 1 Mabesad Jalan Veteran No 5 Jakarta Pusat. FGD ini dihadiri para Danrem, Aster Kodam, Dinas Kesbangpol dan Dinas Pemuda dan olahraga se-Indonesia.

Dari PD XIII GM FKPPI Jatim, yang menjadi narasumber dalam FGD itu, Ketua PD XIII GM FKPPI Jawa Timur, Ir R Agoes Soerjanto. Narasumber lainnya, perwakilan dari Kemenpora dan Pangdam IV Diponegoro.

FGD dibuat untuk memberikan masukan kepada Kasad dalam mengoptimalkan peran Kowil dalam membantu daerah guna mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain itu, juga untuk terwujudnya sistem pembinaan terhadap organisasi kepemudaan yang memiliki standar dalam penyelenggaraan pembinaan.

Piagam-Penghargaan-Agoes.jpg

Dalam paparan materinya, Agoes Soerjanto menyampaikan, sejarah kebangkitan PD XIII GM FKPPI Jatim, yang sebelumnya telah vakum bahkan mungkin mati suri. 

"Untuk kembali menghidupkan GM FKPPI Jatim, selama dua tahun, terus ketuk pintu kepada para Danrem, Dandim serta Pangdam V Brawijaya, bagaimana organisasi bisa aktif kembali," kisah Agoes.

Konsolidasi dan silaturahim terus dilakukan. Pendataan kader yang merupakan anak dari anggota TNI-Polri dan Purnawirawan TNI-Polri terus dilakukan di seluruh daerah di Jawa Timur.

"Akhirnya, kami bisa melakukan Musda dan Muscab di seluruh daerah. Hingga kini mampu menjalankan roda organisasi dan aneka program organisasi secara mandiri," tegasnya.

GM-FKPPI-Jatim-2.jpg

Aneka program, mulai dari program internal, eksternal, gerak langkah sosial dan penghargaan bergengsi yang terima PD XIII GM FKPPI Jatim juga dijabarkan secara detail di depan para peserta FGD. Hal itu mendapat apresiasi luar bisa dari peserta FGD yang hadir.

"GM FKPPI tetap menjadi organisasi yang setia menjaga Pancasila dan NKRI. Melawan aksi terorisme, separatisme dan anti Narkoba. Dan yang paling penting adalah GM FKPPI bersikap netral dalam hal politik praktis dan tetap independen," tandas Agoes.

Pancasila dan NKRI menjadi gerak juang dalam segala program kaderisasi yang dijalankan. Terutama di era milenial saat ini. "Di era milenial saat ini, GM FKPPI harus memperkuat Ketahanan Nasional, Ketahanan Ideologi, Teknologi, informasi, pendidikan dan peningkatan inovasi dan kreativitas pemuda,"   beber Agoes.

Selanjutnya, Agoes juga menyampaikan, bahwa kejayaan organisasi kepemudaan itu, jika terus bersinergi dengan pihak terkait yang menjadi mitra. Baik antar organisasi kepemudaan, Pemerintah pusat atau daerah serta pihak TNI-Polri.

GM-FKPPI-Jatim-3.jpg

"Harapan saya, semua pihak harus bersinergi. Terus melakukan pembinaan dan pengawalan pada organisasi kepemudaan yang ada. Terakhir, pemerintah harus ikut serta membangun kemandirian dan militansi organisasi," terangnya.

Dalam FGD tersebut, PD XIII GM FKPPI Jatim, juga mendapatkan piagam penghargaan sebagai OKP Percontohan Nasional di Indonesia. Piagam penghargaan dan cenderamata itu, diterima oleh Ir R Agoes Soerjanto, sebagai Ketua PD XIII GM FKPPI Jawa Timur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES