Peristiwa Daerah

Ambalan SMKN 1 Tegallalang Gelar Workshop Pengolahan Sampah Plastik

Selasa, 11 Desember 2018 - 14:19 | 121.15k
Anggota Ambalan Bharata-Mandavi SMK Negeri 1 Tegalalang, tunjukkan karya seni lukis 2 dimensi. (FOTO: Istimewa)
Anggota Ambalan Bharata-Mandavi SMK Negeri 1 Tegalalang, tunjukkan karya seni lukis 2 dimensi. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, DENPASAR – Ambalan Bharata – Mandavi SMKN 1 Tegallalang melaksanakan kegiatan workshop tentang pengolahan sampah plastik, Jumat (7/12/2018).  

Kegiatan yang dilakukan di Kawasan Konservasi Lembu Putih Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, kawasan hijau dan konservasi lembu putih yang baru saja mendapat penghargaan Kalpataru dari Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia.

Hadir sebagai narasumber adalah Wayan Didi Darmadi pegiat lingkungan asal Desa Taro,Tegallalang. Kegiatan yang dilaksanakan Ambalan Bharata- Mandivi yang berpangkalan di SMKN 1 Tegallalang, Kabupaten Gianyar ini merupakan rangkaian dari acara pelantikan anggota baru ambalan Bharata – Mandavi yang dilaksanakan bertepatan dengan jeda semester.

Kegiatan workshop ini diikuti kurang lebih 70 orang dari seluruh anggota ambalan. Workshop Plasticology yang  mengusung pemanfaatan sampah plastik ini memiliki konsep dasar seni lukis 2 dimensi yang dikombinasikan pola – pola alami dari sampah plastik yang telah dipersiapkan sebelumnya  oleh masing – masing peserta workshop. 

Pembina Pramuka Putu Wawan Dharmawan berharap dilaksanakannya kegiatan ini bisa menjadi alternative aktivitas kepramukaan dan menumbuhkan pemahaman tentang bahaya sampah plastik terhadap lingkungan.

"Kegiatan ini juga upaya Anggota Pramuka di SMKN 1 Tegallalang berperan untuk meminimalisir konsumsi sampah plastik. Selain itu pula sebagai insan pramuka kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari pengamalan Tri Satya dan Dasa Dharma" ungkapnya

Kadek Purwantari salah satu perserta workshop ini mengungkapkan rasa senang karena diberikan kesempatan mengikuti workshop seperti ini.

"Karena kita jadi tahu bahwa sampah - sampah yang ada di sekeliling kita bisa memiliki nilai seni yang tinggi, selain itu paling tidak kita bisa ikut menjaga kebersihan lingkungan kita masing - masing" ungkapnya antusias usai mengikuti workshop pengolahan sampah plastik yang digelar Ambalan Bharata-Mandavi SMKN 1 Tegallalang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bali

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES