Gaya Hidup

Yuk, Buat Masker Mangga yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan Kulit!

Kamis, 13 Desember 2018 - 15:17 | 103.60k
Masker Mangga (FOTO: khabriye.com)
Masker Mangga (FOTO: khabriye.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mangga merupakan salah satu buah yang kaya vitamin C. Selain itu, mangga juga mengandung kolagen yang akan membuat kulit Anda lembut dan kencang. Anda bisa mendapatkan manfaat buah mangga untuk kesehatan kulit dengan mengolahnya menjadi masker mangga.

Berikut ini beberapa tips masker mangga yang bisa Anda buat sendiri di rumah, dilansir dari Dokter Sehat.

1. Masker untuk Hidrasi Kulit

Ambil daging buah mangga yang sudah matang. Berhati-hatilah saat mengambil daging buah mangga tersebut agar tidak terkena bagian kulit. Kulit mangga mengandung beberapa enzim yang dapat mengiritasi kulit. Selanjutnya tambahkan fuller’s earth (multani mitti) dan aduk semua bahan hingga merata dan membentuk pasta yang lembut.

Setelah tercampur rata, oleskan masker ini pada wajah dan leher dan diamkan selama 15 menit. Masker ini tidak akan mengering seperti masker lain pada umumnya. Setelah 15 menit, scrub perlahan kulit dengan gerakan memutar. Setelah selesai, bilas wajah dengan air.

2. Masker untuk Segarkan Kulit

Mangga juga dapat digunakan sebagai masker untuk menyegarkan wajah yang lelah setelah seharian beraktifitas. Caranya, siapkan daging buah mangga berukuran sedang. Tambahkan 7-8 almond yang sudah dihaluskan bersama dengan 2-3 sendok teh oatmeal, 2 sendok teh susu mentah, dan 3 sendok teh fuller’s earth.

Haluskan semua bahan hingga merata. Oleskan masker ini pada wajah dan leher serta diamkan selama 15 menit. Selanjutnya lakukan scrub perlahan memutar pada wajah sebelum membilasnya dengan air.

3. Mangga sebagai Body Scrub

Anda juga dapat memanfaatkan buah mangga sebagai body scrub. Cukup siapkan daging buah mangga yang sudah matang, tambahkan 2 sendok teh susu mentah dan madu. Selanjutnya, tambahkan pula satu cangkir gula merah, aduk hingga merata. Gula merah adalah eksfoliator alami terbaik untuk kulit yang akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati serta lembut di kulit. Campur semua bahan hingga merata, kamudian lakukan scrub pada tubuh Anda menggunakan campuran ini. Bilas dengan air hangat.

Itulah cara mengolah masker mangga yang kaya manfaat untuk kesehatan kulit. Lakukan perawatan alami di atas secara teratur agar manfaat buah mangga bisa Anda rasakan dengan maksimal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Dokter Sehat

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES