Kesehatan

Mual saat Hamil? Atasi dengan Makanan Ini

Rabu, 12 Desember 2018 - 05:38 | 40.14k
ILUSTRASI: Mual saat Hamil. (FOTO: Hello Sehat)
ILUSTRASI: Mual saat Hamil. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMual saat hamil sebenarnya adalah hal yang wajar dalam kehamilan. Kondisi ini tidak akan membahayakan janin dalam kandungan, selama tidak mengganggu makan ibu hamil. Hanya saja, jika mual dan muntah parah dan berlebihan, keadaan ini penting untuk diwaspadai. 

Meskipun Anda sedang mual, sebisa mungkin Anda harus membangun kembali nafsu makan Anda. Ada beberapa makanan yang dapat membantu mengurangi mual saat hamil. Dilansir dari bidanku.com, berikut beberapa makanan yang dapat dikonsumsi saat mual.

1. Makanan Dingin

Anda dapat mengonsumsi makanan yang dingin untuk mengurangi mual saat hamil. Makanan dingin di antaranya, salad buah, rujak, es krim dan lain sebagainya. Makanan dengan suhu panas dapat membuat makanan aromanya semakin kuat. Mengonsumsi makanan hangat justru dapat membuat ibu semakin mual sampai ingin muntah.

2. Makanan Berserat

Anda dapat menambahkan asupan serat dari sayuran dan buah segar. Serat yang terdapat pada buah-buahan maupun sayuran dapat membantu mengurangi produksi asam dalam lambung, sehingga rasa mual menjadi berkurang. Tidak hanya itu, serat akan membantu melancarkan pencernaan.

3. Makanan yang Mengandung Vitamin B6

Pada beberapa kasus, vitamin B6 dapat membantu mengatasi mual. Berdasarkan American Pregnancy Association, makanan yang menjadi sumber vitamin B untuk ibu hamil yang baik yaitu, oat, sereal gandung, pisang, roti gandum, alpukat, pepaya, ikan, bayam, kacang polong, kacang merah, daging, hazelnut, biji bunga matahari, kacang tanah, ayam dan walnut.

4. Makanan yang Mudah Diserap

Makanan yang mudah dicerna oleh tubuh seperti bubur, kentang, roti, sup ayam, biskuit dan lain sebagainya dapat membantu mengatasi mual. Makanan-makanan tersebut tidak akan berada pada perut Anda dalam waktu lama yang akan membuat perut semakin begah dan mual.

5. Lemon

Mengatasi mual dengan lemon caranya yaitu dengan mencampurkan perasan air lemon ke dalam segelas air. Rasa lemon dan aromanya yang menyegarkan akan membantu mengurangi mual dan menenangkan perut.

6. Jahe

Selain dapat menghangatkan tubuh, jahe juga dapat menenangkan perut dan mengatasi rasa mual. Anda dapat mencoba menambahkan irisan jahe ke dalam teh atau air panas. Selain itu, Anda bisa menambahkan irisan jahe ke dalam masakan Anda sehingga cita rasanya akan semakin enak.

7. Jus Buah-Buahan

Bagi ibu hamil, buah merupakan salah satu makanan yang penting untuk dikonsumsi. Selain itu, buah-buahan yang dijus dapat membantu mengurangi mual saat hamil yang Anda rasakan. Namun, sebaiknya hindari terlalu banyak mengonsumsi jus dalam kemasan karena mengandung gula yang tinggi dan tentu tidak baik untuk kehamilan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES