Kesehatan

Golongan Darah O Rentan Mengalami Masalah Kesuburan, Benarkah?

Kamis, 13 Desember 2018 - 14:30 | 129.55k
ILUSTRASI - Golongan Darah (FOTO: zenapena)
ILUSTRASI - Golongan Darah (FOTO: zenapena)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada empat golongan darah & yang kita kenal selama ini, yaitu golongan darah A, B, O, dan AB. Anda mungkin sering mengaitkan golongan darah dengan kepribadian atau risiko penyakit tertentu. Nyatanya, manfaat mengetahui golongan darah bukan cuma itu, lho. Dengan mengetahui tipe golongan darah sendiri, Anda ternyata juga bisa tahu apakah Anda rentan mengalami masalah kesuburan atau tidak.

Tipe golongan darah apa yang berisiko tidak subur? Melansir dari Hello Sehat, berikut ulasannya.

Para peneliti dari Yale University dan Albert Einstein College of Medicine melibatkan sekitar 560 wanita yang rata-rata berusia 35 tahun untuk melakukan terapi kesuburan. Selama penelitian berlangsung, para ahli mengambil sampel darah peserta untuk diukur kadar FSH, salah satu hormon reproduksi wanita.

Para ahli kesuburan memberikan batasan bahwa wanita dengan kadar FSH yang lebih besar dari 10 dianggap memiliki cadangan ovarium yang kurang atau tidak bagus. Cadangan ovarium adalah istilah yang digunakan untuk menentukan jumlah dan kualitas sel telur pada wanita.

Hasilnya, wanita dengan tipe golongan darah O dan B memiliki kadar FSH dua kali lebih besar daripada wanita dengan golongan darah A atau AB. Ini artinya, wanita dengan tipe golongan darah O dan B berisiko dua kali lebih besar mengalami penurunan cadangan ovarium daripada golongan darah lainnya. Semakin sedikit cadangan ovariumnya, maka jumlah dan kualitas sel telur yang diproduksi akan semakin buruk.

Dari hasil penelitian tersebut juga diketahui bahwa wanita dengan golongan darah A dan Ab cenderung lebih subur daripada wanita dengan golongan darah O dan B. Meski penyebabnya tidak diketahui dengan jelas, para ahli kesuburan menduga bahwa ini ada kaitannya dengan perbedaan antigen pada tiap golongan darah.

Antigen adalah sebuah protein yang terdapat pada permukaan sel darah merah. Antigen ini merupakan penanda khusus yang membedakan antara golongan darah yang satu dengan yang lainnya.

Orang dengan tipe golongan darah A membawa antigen A, sedangkan golongan darah O tidak memiliki antigen A. Begitu juga dengan tipe golongan darah AB yang memiliki antigen A, tapi golongan darah B tidak. Ada kemungkinan bahwa antigen A inilah yang melindungi cadangan ovarium dari kerusakan sehingga kesuburan wanita jadi lebih optimal.

Itulah kenapa, wanita dengan tipe golongan darah A dan AB cenderung lebih subur karena punya antigen A tadi, daripada wanita bergolongan darah O dan B yang tidak memilikinya. Meski demikian, para ahli masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kaitan antara masalah kesuburan dengan tipe golongan darah tertentu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Hello Sehat

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES